STRATEGI KOMUNIKASI PT BUKIT ASAM TANJUNG ENIM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM COMMUNITY ENGAGEMENT

Triyaningsih, Dera (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PT BUKIT ASAM TANJUNG ENIM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM COMMUNITY ENGAGEMENT. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Kesehatan menjadi masalah yang sangat krusial, terutama pada daerah yang terdampak akan adanya industri pertambangan, yang dapat mengancam kesehatan masyarakatnya, yang diakibatkan oleh polusi yang ditimbulkan, salah satunya yaitu PT Bukit Asam yang merupakan perusahaan pertambangan batu bara terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami strategi komunikasi yang diterapkan PT Bukit Asam Tanjung Enim dalam mengimplementasikan program Community Engagement sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) untuk meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar wilayah operasionalnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian mencakup pihak internal PT Bukit Asam yang bertanggung jawab atas program CSR serta masyarakat penerima manfaat. Dalam penelitian ini menggunakan Teori Analisis SWOT yang dikembangkan oleh Albert S. Humphrey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi PT Bukit Asam dilakukan dengan melaksanakan berbagai program, seperti pengobatan gratis, layanan kesehatan keliling (Mokesling), homecare dan program penanganan stunting, yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan. Program-program tersebut telah memberikan dampak positif. Namun, terdapat hambatan yang dihadapi, seperti frekuensi layanan yang terbatas, kendala cuaca dan geografis, serta kurangnya partisipasi masyarakat di beberapa wilayah. Sehingga perlu adanya peningkatan dalam publikasi dan komunikasi seperti pendekatan interpersonal untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Selain itu, kolaborasi dengan perangkat desa dan penggunaan media sosial yang lebih efektif diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program-program kesehatan yang diselenggarakan. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Community Engagement, CSR

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: DERA TRIYANINGSIH 2120701050
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:33
Last Modified: 02 Jul 2025 03:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47517

Actions (login required)

View Item View Item