Putri, Jesicha Dwi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMA BINA JAYA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 2 SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3 SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4 SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5 SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
Abstract
Problem based learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam proses pemecahan masalah yang nyata dan kompleks. Dalam penerapannya peserta didik diberikan masalah yang harus diselesaikan secara individu maupun kelompok dengan cara mencari informasi, berkolaborasi dan menerapkan pengetahuan yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model problem based learning terhadap berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem pernapasan di SMA Bina Jaya Palembang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode pre-experimental dan desain penelitian one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI.IPA tahun ajaran 2024/2025 dengan sampel diambil dari XI.IPA 1 yang berjumlah 50 peserta didik melalui teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal essay dan menggunakan angket serta lembar observasi. Berpikir kreatif yang digunakan ini mencakup empat indikator dari Munandar. Analisis data kemampuan berpikir kreatif dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS version 25, sementara data angket dianalisis dengan microsoft excel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem pernapasan di SMA Bina Jaya Palembang. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t pada aspek kognitif peserta didik, yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu berdasarkan hasil angket sikap berpikir kreatif peserta didik pada aspek afektif, diperoleh persentase sebesar 64% yang termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci : berpikir kreatif, problem based learning, sistem pernapasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kreatif, problem based learning, sistem pernapasan |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Jesicha Dwi Putri 2120207022 |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 07:28 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 07:28 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/47763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |