ANALISIS BIBLIOMETRIK DENGAN HUKUM ZIPT: PEMETAAN KEILMUAN BIDANG PENDIDIKAN PADA ABSTRAK JURNAL TA’DIB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG PERIODE 2010–2018

IIN SULIANI, NIM. 1564400035 (2019) ANALISIS BIBLIOMETRIK DENGAN HUKUM ZIPT: PEMETAAN KEILMUAN BIDANG PENDIDIKAN PADA ABSTRAK JURNAL TA’DIB UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG PERIODE 2010–2018. Other thesis, Program Studi Ilmu Perpustakaan.

[img]
Preview
Text
BAB I Iin Suliani.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Iin Suliani.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Iin Suliani.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Iin Suliani.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Iin Suliani.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Iin Suliani.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengujian hukum Zipt pada abstrak jurnal Ta’dib dalam menentukan subjek penelitian bidang pendidikan Islam, untuk mengetahui subjek apa yang sering dijadikan tema penelitian dalam jurnal Ta’dib dan untuk mengetahui visualisasi pemetaan keilmuan pada jurnal Ta’dib Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Periode 2010-2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis bibliometrik hukum Zipt, yang merupakan teknik perhitungan kemunculan frekuensi kata dari kata yang sering muncul hingga yang jarang muncul dari suatu dokumen, sehingga menghasilkan beberapa kata kunci yang dapat dijadikan sebagai subjek. Teknik yang digunakan total sampling yaitu 136 abstrak artikel jurnal Ta’dib periode 2010-2018. Hasil yang diperoleh bahwa dengan menggunakan analisis hukum Zipt yang dilakukan pada abstrak artikel jurnal ta’dib akan menghasilkan nilai titik transisi yang dapat mempermudah dalam menemukan kata kunci yang dapat dijadikan sebagai subjek penelitian. Selanjutnya untuk perkembangan subjek penelitian artikel jurnal Ta’dib sangat beragam setiap tahunnya. Subjek yang paling sering dijadikan sebagai tema penelitian dalam artikel jurnal Ta’dib ialah Metode Mengajar dan Belajar serta Kompetensi Guru (8,8%), berada diurutan pertama sebagai subjek penelitian yang paling sering digunakan. Pada urutan kedua dengan subjek Psikologi Pendidikan (8,1%). Selanjutnya subjek Ulumul Qur’an, Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan berada diposisi ketiga (5,1%). Diurutan ke empat subjek yang sering digunakan yaitu subjek Pendidikan Filsafat Islam dan Teknologi (4,4%). Kata Kunci: Pendidikan Islam, bibliometrik, hukum Zipt, subjek penelitian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? Z665 ??
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 06 Nov 2019 14:40
Last Modified: 06 Nov 2019 14:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item