METODE BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK USIA DINI

purbasari, indrayani (2010) METODE BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK USIA DINI. Other thesis, UIN raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover.doc

Download (82kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR DAN ABSTRAK.doc

Download (32kB)
[img] Text
MOTTO dan atribut lainnya.doc

Download (26kB)
[img] Text
NOTA PEMBIMBING.doc

Download (22kB)
[img] Text
BAB I INDRI EKA.doc

Download (87kB)
[img] Text
BAB II INDRI EKA.doc

Download (144kB)
[img] Text
BAB III SIIIP.doc

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV INDRI.doc

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Setiap orang tua ingin membina anak agar menjadi orang yang baik, mempunyai kepribadian yang kuat dan sikap mental yang sehat dan akhlak yang terpuji. Perlakukan orang tua terhadap anak merupakan unsur pembinaan lainnya dalam pribadi anak. Hubungan orang tua dengan anak mempengaruhi pertumbuhan jiwa anak oleh karenanya pengertian, bimbingan dan kasih sayang orang tua akan membawa kepada pembinaan pribadi yang islami, terbuka dan mudah di didik. Permasalah penelitan ini adalah fungsi nilai moral ditanamkan pada anak sejak usia dini, mengapa orang tua berperan dalam menanamkan nilai moral sejak usia dini pada anak dan Bagaimana metode bimbingan dan penyuluhan islam dalam upaya menanamkan nilai moral anak sejak usia dini.. Sifat penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Suatu penelitian yang menelusuri dan menelaah bahan pustaka yang berkenaan dengan permasalahan dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif yang berkaitan dengan bagaimana menanamkan nilai moral pada anak sejak usia dini, bagamana peran orang tua dalam menanamkan nilai moral dan metode apa yang dipakai untuk menanamkan nilai moral anak sejak usia dini. Sumber data dari bagaimana menanamkan nilai moral pada anak sejak usia dini, bagamana peran orang tua dalam menanamkan nilai moral dan metode apa yang dipakai untuk menanamkan nilai moral anak sejak usia dini ini adalah data primer dan data skunder. Dalam menganalisa data dipergunakan teknik analisa secara deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan interpretasi klasifikasi (penjelasan dan ulasan). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: pertama, pendidikan moral sangatlah penting karena dengan pendidikan moral yang islami, anak mampu memiliki pertahanan diri dalam menghindari hal-hal negatif. Selain itu, guna terpenting pendidikan moral bagi anak adalah anak dapat menentukan secara mandiri dan mampu memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Kedua, peran orang tua dalam menanamkan moral dan akhlak yang baik berdasarkan ajaran Islam adalah desngan pendidikan keagamaan sejak dini. Karena peranan orang tua menjadi penentu bagi perkembangan watak seorang anak baik dilihat dari sisi keagamaan, sosial maupun emosionalnya. Keluarga khususnya orang tua merupakan penanam utama dasar-dasar moral bagi anak, yang biasanya tercermin dalam sikap dan prilaku orang tua sebagai suri tauladan yang dapat dicontoh anak. Dan yang ketiga adalah dalam menanamkan dan membina moral yang baik bagi anak usia dini adalah dengan metode teladan, pembiasaan, dialog dan kasih sayang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 06 Nov 2019 03:25
Last Modified: 06 Nov 2019 03:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4852

Actions (login required)

View Item View Item