alviatin, yuli (2010) PENGARUH AKTIVITAS BIMBINGAN ISLAM TERHADAP AKHLAK NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS IIA PAKJO PALEMBANG. Other thesis, UIN raden Fatah Palembang.
Text
ABSTRAK.doc Download (25kB) |
|
Text
angket.doc Download (28kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (86kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (73kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (107kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (92kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.doc Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR PERTANYAAN.doc Download (51kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (27kB) |
|
Text
KOVER SKRIPSI.doc Download (40kB) |
|
Text
Pertanyaan.doc Download (28kB) |
|
Text
Tabel Angket.doc Download (242kB) |
|
Text
Tabel Rekapitulasi BI.doc Download (194kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul skripsi ini adalah “Pengaruh Aktivitas Bimbingan Islam terhadap Akhlak Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Pakjo Palembang”. Peran dan tanggung jawab Lembaga Pemasyarakatan sangat dibutuhkan dalam memberikan bimbingan kepada narapidana anak. Harapan bagi Lembaga Pemasyarakatan anak kepada narapidana anak adalah menginginkan narapidana anak menjadi manusia yang berguna bagi agama, masyarakat, bangsa dan negara setelah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan anak nantinya. Oleh karena itu diperlukan bimbingan yang tepat berupa nilai-nilai keislaman dari petugas Lembaga Pemasyarakatan anak dan para da’inya guna memperbaiki akhlak narapidana anak agar mengalami perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Permasalahan yang dikaji adalah, bagaimana pelaksanaan aktivitas bimbingan Islam di Lembaga Pemasyarakatan anak kelas IIA Pakjo Palembang, bagaimana kondisi akhlak narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan anak kelas IIA Pakjo Palembang, serta bagaimana pengaruh dari aktivitas bimbingan Islam yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemasyarakatan anak terhadap akhlak narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan anak kelas IIA Pakjo Palembang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar bimbingan Islam yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan anak dapat mempengaruhi akhlak narapidana anak. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi petugas di Lembaga Pemasyarakatan anak dan para da’inya tentang bagaimana memperbaiki akhlak narapidana anak melalui pendekatan agama. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Yang menjadi objek penelitian adalah narapidana anak usia 8-18 tahun di Lembaga Pemasyarakatan anak kelas IIA Pakjo Palembang. Fokus penelitian ini adalah aktivitas bimbingan Islam dan akhlak narapidana anak. Data penelitian meliputi sumber data utama yaitu informan atau responden dan sumber data tambahan. Informan atau responden terdiri dari 68 orang narapidana anak yang berusia 8-18 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan antara aktivitas bimbingan Islam yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan anak dengan akhlak narapidana anak yaitu 0,645. Sedangkan saran yang diajukan adalah hendaknya pegawai di di Lembaga Pemasyarakatan anak dapat memaksimalkan penerapan bimbingan Islam kepada narapidana anak dengan memperbaiki metode, materi, media dan waktu pelaksanaan agar menjadi lebih baik lagi, karena bimbingan Islam sangat berpengaruh bagi kehidupan narapidana anak nantinya setelah bebas dari di Lembaga Pemasyarakatan anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics |
Depositing User: | dakwah dan komunikasi |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 02:25 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 02:25 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4862 |
Actions (login required)
View Item |