Novariana, Novariana (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 37 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran quantum learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 37 Palembang. Berdasarkan observasi, peneliti menemukan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 37 Palembang masih rendah, motivasi siswa yang rendah tersebut terlihat dari sedikitnya siswa yang memperhatikan penjelasan guru, tidak adanya keberanian siswa bertanya dan mengungkapkan pendapat dalam proses pembelajaran sehingga siswa pasif dan kurang memahami pelajaran, hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Permasalahan ini bisa disebabkan dari metode guru yang masih menerapkan metode konvensional. Pada penerapan metode konvensional, siswa hanya mendengar dan mendapat informasi yang disampaikan oleh guru. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, peneliti menggunakan model pembelajaran quantum learning. Quantum learning adalah model pembelajaran yang mengajak siswa untuk mengalami secara langsung proses pembelajaran bukan hanya menjadi pendengar atau penonton. Dalam pelaksanaannya terdapat langkah-langkah pembelajaran TANDUR yaitu tumbuhkan minat, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan true experimental design dimana sampel dipilih secara acak dari populasi siswa kelas VII SMP Negeri 37 Palembang, sampel dibagi menjadi dua kelompok belajar siswa yaitu kelompok pertama (kelompok eksperimen) diajarkan dengan penerapan model pembelajaran quantum learning sedangkan kelompok kedua (kelompok kontrol) diajarkan dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan t'-test dan t-test. Untuk angket thitung 6,89 dan ttabel 1,994 (α = 0,05), hasil analisis menunjukkan bahwa nilai dari thitung dan ttabel adalah (6,89 > 1,994; α = 0,05). Untuk tes thitung 5,62 dan ttabel 1,994 (α = 0,05), hasil analisis menunjukkan bahwa nilai dari thitung dan ttabel adalah (5,62 > 1,994; α = 0,05). Berdasarkan hasil analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 37 Palembang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 May 2016 02:48 |
Last Modified: | 04 May 2016 02:48 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/493 |
Actions (login required)
View Item |