SETIAWAN, DADANG (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA NEGERI 1 PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUBA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB I .pdf Download (0B) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (61kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Brainstorming berpengaruh terhadap keterampilan berfikir kreatif pada materi Virus Kelas X di SMA N 1 Plakat Tinggi Kabupaten MUBA.Penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan metode Quasi Eksperiment.Sampel penelitian berjumlah 78 siswa.Berdasarkan hasil analisis data keterampilan berpikir kreatif siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Brainstorming lebih baik dari pada metode konvensional.Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji-t sig thitung< ttabel 11, 896 < 1,992, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil analisi peningkatan rata-rata ketuntasan indikator keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen mencapai 87,4% sedangkan keterampilan berpikir siswa di kelas kontrol 77,4% artinya keterampilan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada keterampilan berpikir kreatif kelas kontrol. Maka, dapat disimpulkan bahwa metode Brainstorming berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelass X MIPA SMA N1 Plakat Tinggi Kab.MUBA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 02:29 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 02:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5074 |
Actions (login required)
View Item |