PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTs AL-HIKMAH PALEMBANG

SARI, RIA NOVITA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTs AL-HIKMAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental design dengan bentuk the posttest only control design yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MTs Al-Hikmah Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang ada di MTs Al-Hikmah Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 123 siswa. Dari data populasi diambil sampel dengan menggunakan penentuan sampel teknik cluster sampling didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas VII4 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan pertemuan kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran creative problem solving dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pada pertemuan ketiga kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis kepada siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. dari hasil analisis diperoleh, thitung = 4,0337 dan dengan = 0,05 diperoleh ttabel = 1,66984 yang berarti thitung > ttabel yaitu 4,0337 > 1,66984. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Al-Hikmah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: creative problem solving, kemampuan berpikir kritis
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:38
Last Modified: 30 Dec 2019 02:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5090

Actions (login required)

View Item View Item