PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE KISAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA

NISA BELLA, VIVIEN (2019) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE KISAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH INDRALAYA. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI FIX ACC-dikonversi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI FIX ACC-dikonversi.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SKRIPSI FIX ACC-dikonversi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI FIX ACC-dikonversi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI FIX ACC-dikonversi.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Dalam Proses belajar di Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya masih banyak motivasi belajar santri yang masih rendah. Bimbingan kelompok dengan metode kisah adalah salah satu cara yang diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar santri dengan menceritakan kisah yang berkitan dengan motivasi belajar.Bagaimana penerapan bimbingan kelompok dengan metode kisah dalam upaya meningkatkan motivasi belajar pada santri di Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya? dan Bagaimana motivasi belajar pada santri di Pondok Pesantren Al- Ittifaqiah Indralaya setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan metode kisah?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan metode kisah dalam upaya meningkatkan motivasi belajar pada santri Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya dan untuk mengetahui motivasi belajar pada santri Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode kisah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan pendekatan lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, display data dan kesimpulan.Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang santriwati Madrasah Aliyah Al-Ittifaqiah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Penerapan bimbingan kelompok dengan metode kisah dapat meningkatkan motivasi belajar santri dengan menggunakan lima tahapan yaitu tahapan pembukaan, tahapan peralihan, tahapan kegiatan, tahapan penyimpulan, tahap pengakhiran, dengan menceritakan kisah sahabat nabi yaituAli Bin Abi Thalib dan Utsman bin Affan. Serta gambaran setelah dilakukan penerapan bimbingan kelompok dengan metode kisah, 10 subjek yang diteliti sudah mengalami perubahan pada keempat aspek yaitu: Aspek dorongan mencapai sesuatu, aspek komitmen, aspek inisiatif dan aspek optimis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 17 Dec 2019 02:33
Last Modified: 17 Dec 2019 02:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5241

Actions (login required)

View Item View Item