PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) RAUDHATUL ULUM SAKATIGA OGAN ILIR (2009)

Sutarto, Sutarto (2019) PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) RAUDHATUL ULUM SAKATIGA OGAN ILIR (2009). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img] Archive
topdf (2).zip

Download (735kB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai hasil sebuah penelitian, quantum learning memiliki semacam quality assurance yang dapat mempengaruhi secara positif pembelajaran dari sisi peningkatan motivasi, peningkatan nilai, peningkatan rasa percaya diri, peningkatan harga diri serta adanya peluang besar untuk melanjutkan penggunaan keterampilan. Secara umum pembelajaran tidak dapat dilepaskan dari adanya pengaruh kelas, suasana dan lingkungan. Konsep ini menjadi inti dari teori quantum learning. Terkait dengan hal itu quantum learning memiliki alat implementasi di dalam kelas yaitu quantum teaching. Mencermati hal tersebut, adalah logis ketika Sekolah Menengah Pertama Islam Raudhatul Ulum (SMPIT RU) akan mencoba mengaplikasikan konsep pembelajaran quantum tersebut. Kelogisan itu terlihat dari adanya quality assurance quantum learning sebagai hasil sebuah penelitian. Sejauh ini prestasi SMPIT RU tergolong cukup baik. Hal ini terlihat ketika hampir 90 % siswa kelas akhir berhasil lulus Ujian Nasional secara ‘mandiri’ serta beberapa siswa yang berhasil diterima di SMA Unggulan. Mengingat konsep implementasi quantum learning dalam kelas dapat dilaksanakan dengan menerapkan quantum teaching, maka diasumsikan bahwa SMPIT RU Sakatiga telah mengaplikasikan quantum teaching tersebut di dalam kelas. Terkait dengan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui taraf pengaplikasian quantum teaching di dalam kelas. Pengaplikasian itu meliputi dua bagian pengorkestrasian pembelajaran, yaitu pengorkestrasian pembelajaran secara konteks dan pengorkestrasian secara konten atau isi. Pengorkestrasian pembelajaran secara konteks meliputi beberapa penggubahan terhadap suasana yang menggairahkan, pondasi /landasan belajar yang kukuh, lingkungan pembelajaran yang mendukung serta perancangan pengajaran yang dinamis. Pengorkestrasian pembelajaran secara kontens meliputi penggubahan presentasi yang prima, fasilitasi pembelajaran yang elegan serta penggubahan keterampilan belajar untuk belajar. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa sebagai responden sejumlah masing – masing delapan dan 45 orang. Dalam hal ini guru adalah tujuan utama dalam penelitian ini. Hal-hal yang dieksplorasi dari guru berupa pemahaman mereka terhadap konsep quantum teaching menurut persepsi para guru tersebut serta taraf pelaksanaan quantum teaching di dalam kelas yang dilakukan oleh guru. Untuk mengetahui pemahaman menurut persepsi para guru serta taraf pelaksanaan quantum teaching, instrumen yang digunakan adalah angket. Upaya penjagaan terhadap obyektifitas persepsi guru sebelum disimpulkan data dikomparasi dengan persepsi siswa, sebagai obyek yang mendapat ’perlakuan’ pembelajaran serta dikomparasi pula melalui observasi secara langsung di dalam kelas. Secara umum, data yang diperoleh dari pernyataan guru lewat angket, persepsi siswa maupun hasil observasi cenderung saling menguatkan satu sama lain. Kecenderungan itu nampak dari frekuensi perlakuan guru dengan konsep quantum teaching yang baru sebatas kadang – kadang , serta yang merasakan perlakuan dengan konsep quantum teaching tersebut yang juga baru sebatas kadang – kadang. Observasi yang didasarkan pada beberapa indikator pelaksanaan quantum teaching juga baru menunjukkan taraf pada kisaran 50 %, yang dalam hal ini berarti belum dapat diindikasikan dalam kategori cukup baik. Secara keseluruhan, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan quantum teaching dalam pembelajaran di SMPIT Raudhatul Ulum Sakatiga Ogan Ilir belum sepenuhnya terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 27 Dec 2019 04:01
Last Modified: 27 Dec 2019 04:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5282

Actions (login required)

View Item View Item