KRISNA, UNTARI (2019) PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUKARAMI KABUPATEN MUSI BANYUASIN (2010). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
COVER THESIS.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Revisi.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Revisi.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V Revisi.pdf Download (68kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Judul penelitian ini adalah Penerapan Fungsi Manajemen Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukarami Kabupaten Musi Banyuasin. Berdasarkan Undang-undang nomor 02 tahun 1989 dan Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta Peraturan lainnya, maka penyelenggaraan pendidikan di sekolah umum dan madrasah bernaung di bawah satu sistem pendidikan nasional. Diperkuat lagi dengan ditetapkannya Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003 pasal 17 ayat 2 yang menyatakan “Pendidikan dasar berbentuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat.” Dengan demikian Madrasah Tsanawiyah secara akademis mempunyai kualitas yang sejajar dengan sekolah umum yang setingkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan proses pendidikan dengan diterapkannya fungsi manajemen pendidikan dan kualitas yang dihasilkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukarami kabupaten Musi Banyuasin. Rumusan masalah pada penelitian ini difokuskan pada dua hal yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan fungsi manajemen pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukarami ? Kedua, Bagaimana kualitas pembelajaran dapat di tingkatkan dengan penerapan fungsi manajemen pendidikan ? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua macam yaitu sumber data primer dan data sekunder. Sedangkan untuk mendapatkan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk pengolahan data menggunakan analisa data deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah proses pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukarami. Penerapan fungsi manajemen pendidikan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah Pertama, penerapan fungsi manajemen pendidikan telah dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan kondisi madrasah yang bersangkutan. Artinya, bahwa semua fungsi manajemen tersebut telah dijalankan namun karena keterbatasan faktor pendukungnya berupa sarana prasarana dan keadaan personil sekolah, maka fungsi-fungsi manajemen tersebut dilaksanakan sebatas kemampuan yang ada. Kedua, fungsi manajemen pendidikan yang telah diterapkan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Sukarami menunjukkan adanya peningkatan mutu pendidikan dan kinerja karyawan walaupun masih terdapat beberapa hambatan akan tetapi tidak begitu mempengaruhi profesionalitas kerja dan kualitas yang dihasilkan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan dari sisi input maupun output.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 03:58 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 03:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5291 |
Actions (login required)
View Item |