MURIDA, ALFATHONA (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PENGELOLAAN PESANTREN AR-RIYADH 13 ULU PALEMBANG (2014). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
lampiran tesis umie.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 TESIS model 2.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 TESIS.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 TESIS.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK “Analisis Implementasi Prinsip-prinsip Manajemen Pendidikan dalam Pengelolaan Pesantren Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang “.Tidak dapat dipungkiri lagi bahwasanya Lembaga Pendidikan Islam yang tua sekaligus paling variatif adalah pesantren, mengingat adanya kebebasan dari kiai pendirinya untuk mewarnai pesantren itu dengan penekanan pada kajian tertentu. Misalnya ada pesantren ilmu alat, pesantren fikih, pesantren al-Qur’an, pesantren hadits dan pesantren tasawuf. Masing-masing penekanan itu didasarkan pada keahlian kiai pengasuhnya. Begitu juga keadaan yang ada pada lapangan penelitian yang akan penulis teliti yakni Pondok Pesantren Ar-Riyadh, pondok pesantren Ar-Riyadh merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang sudah berkembang yang didirikan oleh orang-orang keturunan Arab. Manajemen pendidikan yang diaplikasikan sesuai dengan keahlian kiai atau pimpinan pesantren Adapun yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pendidikan, pelaksanaan pendidikan, evaluasi pendidikan serta pendanaan pendidikan di pondok pesantren Ar-Riyadh. Berangkat dari latar belakang bahwa ada keunikan tersendiri dari pondok pesantren yang didirikan oleh orang-orang keturunan Arab. Jenis penelitian dalam tesis ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang dilakukan dengan tujuan langsung kelapangan untuk menggali, meneliti data yang berkenaan dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan anggaran biaya manajemen pendidikan di pondok pesantren Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang meliputi tentang manajemen pendidikan di pondok pesantren Ar-Riyadh, yang kemudian dikumpulkan melalui wawancara terhadap informan yang sudah ditentukan yaitu: Mudir, Biro Pendidikan, Biro Administrasi, Biro keuangan, Kepala Asrama dan ustadz serta buku-buku dan dokumentasi sekolah yang berkenaan dengan penelitian ini. Untuk memperoleh data yang akurat, maka dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian diperiksa keabsahannya dan keshohihannya kemudian diediting, selanjutnya data tersebut diklasifikasikan sesuai dengan asfek-asfek masalah yang ada, lalu disederhanakan, disajikan dan ditarik kesimpulan dan diperoleh hasil. Dalam menganalisis data yakni menggunakan tekhnik Miles dan Hubermen dan dengan cara triangulasi sehingga permasalahan dilihat dari berbagai sudut baik dari berbagai sumber, masalah dan metode pengumpulan data. Adapun hasil penelitian mengenai manajemen pendidikan di pondok pesantren Ar-Riyadh diperoleh hasil sebagai berikut : Manajemen pendidikan di pondok pesantren Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang mengenai perencanaan pendidikan, pelaksanaan pendidikan, evaluasi pendidikan, serta pendanaan pendidikan sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan kerjasama antara pihak sekolah dengan semua pihak yang terkait sudah berjalan sesuai dengan yang direncanakan, dan tentu saja tidak terlepas dari sikap Mudir yang bijaksana dalam memberikan tanggung jawab untuk menjalankan semua program-program yang ada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 03:58 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 03:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5292 |
Actions (login required)
View Item |