IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA MADRASAH DI MI MUHAJIRIN SEBERANG ULU I PALEMBANG

Kususma, Wati (2019) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA MADRASAH DI MI MUHAJIRIN SEBERANG ULU I PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
TESIS BAB 1-5 KUSUMA.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN DEPAN COVER DLL.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN SEBERANG ULU I PALEMBANG Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan implementasi kepemimpinan instruksional kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin di Seberang UluI Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis etnografi realis. Instrumen penelitan adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru, siswa dan wali siswa (komite), serta masyarakat sekitar madrasah,yang dilakukan secara snowball. Objek penelitian adalah pelaku, konsep, tempat, dan kegiatan. Langkah-langkah dan analisis data menggunakan model Direktorat Tenaga Kependidikan (2009). Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Seorang pemimpin pendidikan, tidak saja dituntut untuk menguasai teori kepemimpinan, tetapi juga harus terampil menerapkan situasi praktis di lapangan kerja dalam pendidikan yang idealnya, jika pemimpin pendidikan disamping memiliki bekal kepemimpinan dari teori dan pengakuan resmi yang bersifat ekstern, tetapi juga pembawaan potensial yang dibawa sejak lahir sebagai anugerah dari Allah SWT, namun orang dapat melatihnya agar dapat menjadi seorang pemimpin pendidikan yang tangguh dan terampil berdasarkan pengalamannya. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah implementasi kepemimpinan instruksional di MI Muhajirin Palembang pada umumnya telah dilaksanakan, tetapi masih memerlukan perbaikan dan pengembangan, seperti dalam evaluasi kinerja guru dan tindak lanjutnya, pengambilan keputusan berbasis data, dan menjadikan warga madrasah sebagai kolegial serta menjalin komunikasi aktif dan efektif. setelah menerapkan prinsip-prinsip dalam kepemimpinan pembelajaran, maka dampak atau akibat yang timbul di Madrasah adalah kemajuan kualitas pendidikan di Madrasah semakin terlihat, hal itu dapat dilihat dari antusias masyarakat yang mempercayakan putra-putrinya sekolah di Madrasah, selain itu respon masyarakat semakin baik terhadap madrasah. Key word: Kepemimpinan, instruksional, kepala madrasah THE SCHOOL PRINCIPALS‟ INSTRUCTIONAL LEADERSHIP MODEL Abstract: This study was aimed to find a school principals‟ instructional leadership model. This study used the multicase qualitative approach. The instrument was the researcher himself. The data were collected using the in-depth interviews, participant observation, and documentation. The subjects were the school principals, vice principals, and teachers taken using the snowball sampling technique. The key informants were the school principals. The object of the study was the persons, concept, places, and activities. The stages and the data analysis used Creswell‟s (2014) model. The data validation was carried out using the credibility, transferability, dependability, and confirmability criteria. The findings showed that the school principals‟ instructional model followed the following cycle: an understanding of the definition of instructional leadership, the objectives and benefits of instructional leadership, indicators of effective instructional leadership, and practical ways of implementing the instructional leadership. Keywords: instructional, leadership, principal

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 27 Dec 2019 03:58
Last Modified: 27 Dec 2019 03:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5294

Actions (login required)

View Item View Item