IMPLEMENTASI PERATURAN SEKOLAH TENTANG REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI SMK NEGERI 2 SEKAYU (2017)

AIMAN, FIKRI (2019) IMPLEMENTASI PERATURAN SEKOLAH TENTANG REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI SMK NEGERI 2 SEKAYU (2017). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
TESIS BAB I sd Referensi.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul s.d Abstarak Tesis.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Implementasi Peraturan Sekolah Tentang Reward dan Punshment Dalam perspektif Pendidikan Islam di SMK negeri 2 Sekayu” Guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas Akhir-akhir ini sering melihat tayangan berita di televisi atau membaca surat kabar, fenomena kekerasan yang terjadi di dalam dunia pendidikan, baik yang dilakukan oleh guru terhadap siswanya maupun kekerasan yang dilakukan oleh siswa terhadap siswa yang lain. Akibat kesalahan dalam memberikan hukuman, apalagi hukuman fisik guru sering berhadapan dengan urusan hukum. Hal tersebut sangat memprihatinkan karena di sekolah seharusnya nilai-nilai budi pekerti itu ditanamkan. Di sekolah, guru mengahadapi masalah pelanggaran-pelanggaran terhadap peraturan sekolah yang dilakukan siswa khususnya di SMK Negeri 2 Sekayu. Guru mau tidak mau harus menangani masalah-masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep atau model reward dan penerapan punishment dalam perspektif Pendidikan Islam di SMK Negeri 2 Sekayu dan bagaimana reward dan punishment di SMK Negeri 2 Sekayu, serta perubahan perilaku siswa setelah di berlakukan punishment. Metode dalam penelitian ini lebih menekankan pada jenis file research (penelitian kancah atau lapangan) dan bersifat kualitatif adapun pendekatan kualitatif ini dilakukan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data diskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati penulis melalui observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai kebijakan kepala sekolah, melalui guru bimbingan konseling dan guru pendidikan agama Islam tentang pemberian reward dan penerapan punishment bagi guru dan pegawai serta yang paling utama adalah bagi siswa sebagai motivasi dalam bidang kerja dan keaktifan belajar bagai para siswa/I SMK Negeri 2 Sekayu. Dari hasil penelitian diketahui bahwa SMK Negeri 2 Sekayu memiliki konsep dan aturan yang pariatif untuk terwujudnya efektivitas Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) di SMK Negeri 2 Sekayu, maka dibuat dan disusun beberapa aturan dan tata tertib sebagai acuan bagi guru, dan siswa, Proses Implementasi reward dan punishment di SMK Negeri 2 Sekayu telah berlangsung sesuai norma pendidikan Islam, hampir sebagian besar siswa yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik menerima reward begitu juga dengan siswa yang bermasalah dalam pelanggaran-pelanggaran tata tertib sekolah telah menerima punishment sesuai dengan tingkat kesalahan yang dilakukannya. Berdasarkan perubahan perilaku siswa SMK Negeri 2 Sekayu yang melakukan pelanggran setelah diterapkan reward dan punishment semakin baik, sebagian besar siswa telah menunjukkan perubahan perilaku, yaitu dengan meninggalkan kebiasaan buruk yang dilakukan dan sering aktif dalam kegiatan belajar mengajar serta mengikuti kegiatan ekstra kurikuler olah raga, seni dan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di SMK N 2 Sekayu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 27 Dec 2019 05:29
Last Modified: 27 Dec 2019 05:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5300

Actions (login required)

View Item View Item