STRATEGI PEMASARAN PRODUK JASA PENDIDIKAN (Studi Kasus SDIT Izzuddin Palembang)(2015)

EKA, FARIYANA (2019) STRATEGI PEMASARAN PRODUK JASA PENDIDIKAN (Studi Kasus SDIT Izzuddin Palembang)(2015). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 & 2.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 kesimpulan ku oke.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini berupaya menjawab beberapa permasalahan yang terkait dengan bagaimana Strategi Pemasaran Produk Jasa Pendidikan (studi kasus di SDIT Izzuddin Palembang). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah upaya untuk menemukan implementasi strategi pemasaran produk jasa pendidikan yang dilakukan oleh SDIT Izzuddin. Dalam pemilihan ini yang dipilih adalah SDIT Izzuddin dilatarbelakangi tingginya minat orang tua menyekolahkan anaknya di SDIT Izzuddin khususnya bagi orang kelas menengah ke atas di kota Palembang Sumatera Selatan. Adapun permasalahan yang diteliti, pertama bagaimana strategi pemasaran produk jasa pendidikan yang dilakukan oleh SDIT Izzuddin Palembang? Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran produk jasa pendidikan di SDIT Izzuddin Palembang? Ketiga, bagaimana efektifitas strategi pemasaran produk jasa pendidikan pada SDIT Izzuddin Palembang? Tujuan yang ingin dicapai pertama, untuk menggali strategi pemasaran produk jasa pendidikan yang dilakukan SDIT Izzuddin Palembang kaitanya dengan mutu produk jasa pendidikan. Kedua, untuk menggali faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran produk jasa pendidikan di SDIT Izzuddin Palembang. Ketiga,untuk menggali keefektifan strategi pemasaran produk jasa pendidikan yang di lakukan oleh SDIT Izzuddin Palembang. Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, sedangkan sasaran penelitian ini adalah pelaksanaan strategi pemasaran produk jasa pendidikan di SDIT Izzuddin dengan meng-croscek berdasarkan program kegiatan dan pengembangan strategi produk jasa pendidikan, dan sampel sumber data yang diambil adalah kepala sekolah, guru, staf, orang tua. Dalam pengumpulan datanya mengunakan metode observasi, metode interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisi deskriftif. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi secara mendalam, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa. Pertama, strategi pemasaran produk jasa pendidikan dengan menerapkan strategi diferensiasi diantaranya; keunggulan kerja, inovasi produk, pelayanan yang baik, citra merek (brand image), kemudian strategi keunggulan biaya yaitu; biaya tinggi dengan produk dan layanan yang baik dan strategi fokus yaitu; fokus pada pembentukan generasi yang cinta Allah dan Rasulnya, dengan memperkenalkan, mengajari dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an. Kedua, faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran produk jasa pendidikan yaitu kualitas produk, fasilitas dan layanan, serta harga. Ketiga, untuk mengukur efektivitas strategi pemasaran produk jasa pendidikan, dilihat dari sejauh mana target yang telah dicapai oleh manajemen SDIT Izzuddin. Efektifitas strategi pemasaran targetnya diukur dari tingkat kepuasan pelangan terhadap produk jasa pendidikan SDIT Izzuddin dan tingkat ketercapaian dalam kurun waktu lima tahun terakhir jumlah siswa yang masuk di SDIT Izzuddin yang mengalami peningkatan pada setiap tahunnya walaupun diantara kedua tahunnya memiliki jumlah siswa yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 27 Dec 2019 05:29
Last Modified: 27 Dec 2019 05:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5301

Actions (login required)

View Item View Item