SUPERVISI PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI PANGKALPINANG (2017)

Sri, Mardiyah (2019) SUPERVISI PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI PANGKALPINANG (2017). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sri Mardiyah NIM. 148 2088 Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang Tesis ini berangkat dari permasalahan yang banyak terjadi dalam pelaksanaan supervisi pengajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama di Kota Pangkalpinang. Supervisi pengajaran merupakan bentuk bantuan dan bimbingan kepada para guru untuk mengembangkan kemampuannya dalam proses pembelajaran. Pada pelaksanaannya supervisi pengajaran PAI masih belum memberikan dampak yang signifikan dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI. Untuk itu, perlu dilakukan upaya penelusuran guna dapat diketahui realitas permasalahan secara utuh untuk menyusun langkah-langkah strategis sebagai solusi. Untuk kepentingan tersebut, dilakukan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Berbagai informasi dan data yang dibutuhkan dikumpulkan melalui wawancara tidak terstruktur, observasi tidak terstruktur, dan dokumentasi. Selanjutnya, data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif melalui tahapan yang digagas oleh Miles dan Huberman, yakni data reduction, data display, dan conclusion. Hasil analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa supervisi pengajaran PAI SMPN 2 dan SMPN 9 di Pangkalpinang masih berkutat pada hal administratif. Akibatnya, supervisi pengajaran cenderung dilaksanakan sebagai formalitas belaka dan prinsip-prinsip dasarnya belum diimplementsikan sebagaimana mestinya. Wajar apabila supervisi pengajaran PAI belum memberikan dampak yang signifikan bagi para guru PAI. Beragam faktor menjadi penghambat, baik terkait dengan kompetensi pengawas maupun kesiapan guru. Meski demikian, ada pula faktor yang dirasakan cukup mendukung, seperti adanya komitmen pengawas di tengah keterbatasan jumlah dan keinginan guru untuk berkembang. Pengungkapan fakta atas permasalahan ini diharapkan dapat menjadi dasar evaluasi dan upaya perbaikan penyelenggaraan supervisi pengajaran di lingkungan Sekolah Menengah Petama di Kota Pangkalpinang, khususnya pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi pengajaran, kompetensi pengawas, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 30 Dec 2019 05:00
Last Modified: 30 Dec 2019 05:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5315

Actions (login required)

View Item View Item