PROBLEMATIKA MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DI KOTA LUBUKLINGGAU (2009)

SIROWATI, AZHAR (2019) PROBLEMATIKA MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DI KOTA LUBUKLINGGAU (2009). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 (1).pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 (1).pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian tentang "Problematika Manajemen Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Islam Di Kota Lubuklinggau", berupaya menjawab beberapa permasalahan yang terkait dengan bagaimana mutu, permasalahan, dan solusi yang berlangsung dalam manajemen pembelajaran di RA yang ada di Kota Lubuklinggau. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah upaya untuk menemukan tingkat mutu, permasalahan, dan frekuensi pemecahan terhadap manajemen pembelajaran yang berlangsung pada RA. Adapun permasalahan yang diteliti, Bagaimana deskripsi mutu manajemen pembelajaran RA di Kota Lubuklinggau?; Bagaimana pendapat para guru RA di Kota Lubuklinggau tentang permasalahan yang mereka hadapi dalam manajemen pembelajaran?; Bagaimana pendapat para guru RA di Kota Lubuklinggau tentang solusi atas permasalahan manajemen pembelajaran yang mereka hadapi?. Tujuan yang ingin dicapai adalah, Mengidentifikasi mutu manajemen pembelajaran pada RA di Kota Lubuklinggau; Menunjukkan sikap guru RA yang ada di Kota Lubuklinggau tentang permasalahan manajemen pembelajaran yang mereka hadapi; Mengetahui pendapat para guru RA di Kota Lubuklinggau tentang solusi atas permasalahan manajemen pembelajaran yang mereka hadapi dari sisi pengalaman dan pengetahuan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan sasaran penelitian ini adalah pelaksanaan manajemen pembelajaran yang berlangsung di RA yang ada di Kota Lubuklinggau. Sampel RA yang dijadikan penelitian sebanyak 12 RA, dan guru yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang guru. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode interview, metode angket, dan metode studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data statistik yaitu analisis prosentase dengan pendekatan TSR. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, pengolahan angket, dan studi dokumentasi secara mendalam, maka peneliti menyimpulkan bahwa. Pertama, mutu manajemen pembelajaran yang ditampilkan oleh guru RA yang ada di Kota Lubuklinggau berada pada kategori sedang. Hal ini dapat dibuktikan dengan temuan antara lain, pada aspek mutu perencanaan berada pada kategori sedang yaitu sebesar 96 %, aspek mutu pengelolaan pembelajaran juga berada pada level sedang yaitu sebesar 86 %, dan aspek penilaian pembelajaran, mutu yang ditampilkan oleh guru adalah sebesar 82 % atau berada pada level sedang. Kedua, dalam kaitannya dengan pendapat guru tentang permasalahan yang dihadapi secara umum terkategori sedang. Di mana mayoritas guru (98 %) menyatakan mereka kadang-kadang mengalami kesulitan dalam perencanaan pembelajaran, demikian pula mayoritas guru (80 %) menyatakan mereka kadang-kadang mengalami masalah dalam pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan pada aspek penilaian pembelajaran mayoritas guru (92 %) menyatakan mereka kadang-kadang mengalami kesulitan. Ketiga, pendapat guru tentang solusi terhadap permasalahan manajemen pembelajaran juga dapat dikategorikan sedang. Hal ini terlihat dari temuan yang dihasilkan yaitu, mayoritas guru (96 %) menyatakan kadang-kadang mendapatkan solusi terhadap permasalahan perencanaan pembelajaran. Mayoritas guru (92 %) menyatakan kadang-kadang mendapatkan solusi terhadap permasalahan pengelolaan pembelajaran. Serta mayoritas guru (92 %) menyatakan kadang-kadang mendapatkan solusi terhadap permasalahan penilaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:59
Last Modified: 30 Dec 2019 04:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5327

Actions (login required)

View Item View Item