PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI PAI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI PRABUMULIH

MUHAMMAD, TAHER (2020) PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI PAI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI PRABUMULIH. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL .pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,II,V.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang diangkat dalam penelitian tesis berjudul: ” Pengaruh Keterampilan Guru Mengelola Kelas Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Prabumulih” adalah: 1) Bagaimana keterampilan guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas?; 2) Bagaimana aktivitas belajar siswa?; 3) Bagaimana prestasi belajar siswa?; 4) Apakah ada pengaruh keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas terhadap Aktivitas belajar siswa?; 5) Apakah ada pengaruh keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar siswa?. Penelitian ini mengambil lokasi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Prabumulih. Populasi adalah keseluruhan siswa yang berjumlah 790 siswa, terdiri dari kelas 7 sebanyak 243, kelas 8 sebanyak 247, dan kelas 9 sebanyak 300 siswa. Penelitian ini hanya dilakukan terhadap sampel, yaitu mengambil 10 % dari populasi yang berjumlah 80 orang sampel. Dalam menentukan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling, yaitu menentukan sampel secara proporsional dengan cara acak berdasarkan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif sebagai pendekatan utama. Analisis data menggunakan rumus TSR dan Kai Kuadrat. Data primer dikumpulkan dengan angket dan tes sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi dan observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas; 2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; 3) untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa; 4) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan guru Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas belajar siswa; 5) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa belajarnya. Hasil penelitian mengungkapkan: 1) guru Pendidikan Agama Islam MTs. Negeri Prabumulih cukup terampil dalam mengelola kelas, hal ini dapat dilihat dari skor angket jawaban siswa, dari 80 orang siswa yang menjawab terampil 12 siswa (15 %), cukup terampil 54 siswa (67,5 %), dan kurang terampil 14 siswa (17,5 %); 2) aktivitas belajar siswa sudah cukup tinggi, yang ditunjukkan dari hasil angket terhadap siswa, di mana siswa yang aktivitas belajarnya tinggi 13 orang (16 %), sedang 45 orang (56 %), dan rendah 22 orang (28 %); dan 3) prestasi Pendidikan Agama Islam siswa MTs. Negeri Prabumulih termasuk dalam kategori sedang, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai siswa pada tes pendidikan agama Islam dari 80 siswa terdapat 58 siswa (72 %), yang nilainya tergolong sedang (nilai 62 sampai dengan 79). Hasil analisis Kai Kuadrat terhadap data tentang keterampilan guru mengelola kelas dengan aktivitas belajar siswa diperoleh nilai X2o sebesar 20,296, analisis keterampilan guru mengelola kelas dengan prestasi belajar diperoleh nilai X2o sebesar 31,365. Hasil perhitungan Kai Kuadrat ini ternyata lebih besar dari nilai X2 tabel, baik pada tarap signifikansi 5 % (9,488) maupun 1 % (13, 277). Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam mengelola kelas telah memberikan pengaruh posisitif terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa. Semakin terampil guru mengelola kelas ketika belajar mengajar, maka semakin aktif pula siswa mengkuti kegiatan belajar dan mengajar dan prestasi siswa akan semakin tingggi, begitu pula sebaliknya. Rekomendasi terhadap pihak sekolah khususnya guru PAI supaya meningkatkan keterampilan mengelola kelas agar siswa aktif belajar dan prestasinya meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:02
Last Modified: 03 Jan 2020 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5414

Actions (login required)

View Item View Item