IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIS DALAM PENINGKATAN MUTU KOMPETENSI GURU (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalpinang)

Hartini, Hartini (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIS DALAM PENINGKATAN MUTU KOMPETENSI GURU (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Pangkalpinang). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
Abstrak, Daftar isi, Persetujuan.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi Tesis.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hartini (2013), IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIS DALAM PENINGKATAN MUTU KOMPETENSI GURU (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Model Pangkalpinang. Tesis Program Pascasarjana IAIN Raden Patah Palembang Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Pangkalpinang dengan tujuan untuk mengetahui prinsip – prinsip implementasi manajemen strategis dalam peningkatan hasil mutu kompetensi guru dalam di MAN Model Pangkalpinang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data berbentuk uraian deskriptif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan ialah analisis deskriptif kualitatif, yaitu analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pertama, manajemen strategis yang dilakukan MAN Model Pangkalpinang dalam meningkatkan mutu guru diantaranya: strategi peningkatan kompetensi pedagogik yaitu kerja sama dengan lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP) Bangka Belitung, pembinaan rutin yang dilakukan oleh kepala madrasah, melakukan studi banding. Langkah strategis dalam peningkatan kompetensi profesional yaitu pemberian beasiswa atau tugas belajar dari pemerintah, pemberian beasiswa atau tugas belajar dari madrasah.Kedua, Dari pencapaian program diketahui bahwa guna meningkatkan mutu kompetensi guru di MAN Model Pangkalpinang sudah mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari segi kompetensi guru dan latar belakang pendidikan MAN Pangkalpinang sudah sesuai dengan standar kualifikasi akademik. Dalam hal pembelajaran pencapaian yang pertama kompetensi pedagogik yaitu: guru MAN Model Pangkalpinang dalam menerapkan metode mengajar secara efektif sesuai dengan kondisi dan karakteristik siswa. Guru selalu memberikan motivasi kepada peserta didik agar mempunyai kesiapan penuh dalam pembelajaran, Kedua kompetensi professional yaitu: guru MAN Model Pangkalpinang mampu memahami materi pembelajaran secara luas. Dalam pelaksanaannya di MAN Model Pangkalpinang ditemukan faktor pendukung dalam peningkatan mutu kompetensi guru yaitu tenaga pendidik dan pendidikan yang bermutu dengan kualifikasi pendidikan yang kompeten, kurikulum dan metode pengajaran yang inovatif dan terjalin komunikasi antar masyarakat sekolah, selain itu juga ditemukan faktor penghambat yang dirasakan perlu diperbaiki yaitu rendahnya minat guru dalam penggunaan media dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pencapaian program diketahui hasil dari penerapan berbagai manajemen strategis dan program meningkatkan mutu guru di MAN Model Pangkalpinang sudah mengalami peningkatan Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru sebagai tenaga pengajar dan para mahasiswa, sekaligus semua pihak terutama dalam memberi dorongan akan pentingnya sebuah kesuksesan yang dilakukan oleh guru terhadap proses belajar mengajar sehingga tercapainya tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategis, Mutu Kompetensi Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:55
Last Modified: 03 Jan 2020 08:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5419

Actions (login required)

View Item View Item