PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE IN THE NEWS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG

YENSI, YENSI (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE IN THE NEWS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar adalah aktivitas atau kegiatan baik fisik maupun mental yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Aktivitas yang dimaksudkan disini penekannya adalah pada siswa. Permasalahan yang muncul adalah masih terlihat siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran dikarenakan penggunaan metode belajar yang kurang tepat dan tidak efektif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana aktivitas belajar siswa yang tidak menerapkan metode pembelajaran Active Learning Tipe In The News di SMP Nurul Iman Palembang?. Bagaimana aktivitas belajar siswa yang menerapkan metode pembelajaran Active Learning Tipe In The News di SMP Nurul Iman Palembang?. Bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran Active Learning Tipe In The News terhadap aktivitas belajar PAI di Kelas VIII SMP Nurul Iman Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Active Learning Tipe In The News meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan kegunaan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan teknik Intact-Group Comparison. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan dokumentasi. Observasi digunakan peneliti untuk keadaan sarana dan prasarana, keadaan jumlah ruangan dan mengamati aktivitas belajar siswa. Dokumentasi digunakan untuk peneliti memperoleh data sejarah SMP Nurul Iman Palembang. Hasil penelitian ini yaitu ada pengaruh penerapan metode Active Learning Tipe In The News terhadap aktivitas belajar siswa. Dilihat dari mean dari kelas eksperimen 35 dan mean dari kelas kontrol 22. Nilai mean kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai mean kelas kontrol. Hal ini menunjukkan memang benar metode Active Learning Tipe In The News berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode Active Learning Tipe In The News maka dilakukan uji statistik uji “t”. Dari hasil uji uji “t” membuktikan bahwa hasil thitung lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf signifikan 5% dan 1% (2,02>7,57>2,69). Hal ini menunjukkan bahwa “ada pengaruh penerapan metode Active Learning Tipe In The News terhadap aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Iman Palembang”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Active learning, Aktivitas Belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 08 Jan 2020 08:43
Last Modified: 08 Jan 2020 08:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5443

Actions (login required)

View Item View Item