PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR(JAS) TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PAMPANGAN OKI

SEPRIYANTI, RIKA (2019) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR(JAS) TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PAMPANGAN OKI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB Kesimpulan Dan Saran.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMP Negeri 1 Pampangan OKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMP Negeri 1 Pampangan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pampangan tahun ajaran 2018/2019 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian, yaitu siswa kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 14 soal, lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, dan lembar kerja peserta didik sebagai pendukung. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh rata-rata skor posttest di kelas eksperimen sebesar 76,53 dan rata-rata skor posttest di kelas kontrol sebesar 58,82. Peningkatan berpikir kritis dari skor pretest dan postest dapat dilihat dari nilai n-gain dimana kelas eksperimen memiliki nilai n-gain sebesar 0,79 dan kelas kontrol memiliki n-gain sebesar 0,49. Berdasarkan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai alfa sebesar 0,05 (sig < ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di SMP Negeri 1 Pampangan OKI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), Berpikir Kritis Siswa, Klasifikasi Makhluk Hidup.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 09 Jan 2020 01:59
Last Modified: 09 Jan 2020 01:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5451

Actions (login required)

View Item View Item