PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Muara Enim)

DAHIRIN, DAHIRIN (2020) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Muara Enim). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 ACC.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 ACC.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 (9).pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN (Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Muara Enim) Perpustakaan juga dapat membangkitkan kegemaran membaca anak didik melalui proses belajar mengajar yang tersusun sesuai dengan program yang ditetapkan. Selain itu, perpustakaan mengembangkan daya berpikir, kecakapan berbahasa, dan membimbing anak didik agar mampu memecahkan masalah yang timbul dalam masyarakat berdasarkan ajaran Islam. Perpustakaan Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) Muaraenim, disinyalir masih belum lengkap dalam sarana prasarananya, seperti jumlah koleksi yang masih minim sehingga mengakibatkan siswa, pendidik dan pustakawan berkesulitan mencari informasi yang dibutuhkan, padahal bagi suatu lembaga pendidikan keberadaan perpustakaan merupakan sarana yang sangat vital dalam pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan bagi warga sekolahnya. Mengingat bahwa kegunaan perpustakaan sebagai sarana dalam proses belajar mengajar maka penulis tertarik untuk meneliti sejauh mana pengelolaan perpustakaan sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana pengelolaan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Muara Enim? dan (2) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Muara Enim? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Muara Enim dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Muara Enim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitative research). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data primer adalah pengelola perpustakaan, kepala sekolah, siswa, dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Simpulan penelitian ini adalah pengelolaan perpustakaan Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) Muara Enim merupakan kegiatan melaksanakan kegiatan manajemen. Kegiatan tersebut meliputi: (a) kegiatan perencanaan kegiatan, kegiatan ini diwujudkan dalam bentuk program kerja harian, bulanan, dan tahunan; (b) kegiatan pengorganisasian, yaitu kegiatan merinci tugas-tugas dari kinerja perpustakaan, dan kegiatan merinci pelaksananya; (c) kegiatan pelaksanaan merupakan kegiatan melaksanakan program yang sudah direncakan dalam kegiatan perencanaan; (d) kegiatan pengawasan, meliputi kegiatan mengawasi pelaksanaan program perpustakaan; dan (e) evaluasi, meliputi kegiatan menilai proses dan hasil dari kinerja perpustakaan secara harian, bulanan, dan tahunan. Faktor-faktor penunjang pengelolaan perpustakaan Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) Muara Enim adalah kepala sekolah, pengelola, siswa, dan guru mendukung serta sarana dan prasarana yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:34
Last Modified: 09 Jan 2020 07:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5472

Actions (login required)

View Item View Item