MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH: PENGEMBANGAN SILABUS DAN ALAT PENILAIAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PEDAMARAN TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

FALHAN, AFIFY (2020) MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH: PENGEMBANGAN SILABUS DAN ALAT PENILAIAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PEDAMARAN TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
COVER FALHAN AFIFY.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
tesis bab 1 - 5 falhan baru.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul ”MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH: PENGEMBANGAN SILABUS DAN ALAT PENILAIAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PEDAMARAN TIMUR KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR”,ini merupakan tesis Program Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan atau kelompok mata pelajaran/ tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Penilaian hasil belajar merupakan indikator keberhasilan belajar siswa. Pada penelitian ini yang diteliti bukanlah hasil belajarnya tetapi konsep pengembangan penilaian hasil belajar sebagai alat untuk melakukan evaluasi. Pada kenyataannya, masih banyak guru yang melakukan evaluasi dengan sembarangan, yaitu sekedar membuat soal dari materi yang diajarkan hanya untuk memperoleh nilai siswa. Oleh karena itu penelitian ini mencoba mengetahui bagaimana guru melakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Beberapa hal yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah aspek-aspek pengembangan silabus dan aspek-aspek pengembangan alat penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai implementasi kurikulum di SMP Negeri 1 Pedamaran Timur. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang aspek-aspek pengembangan silabus dan aspek-aspek penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pedamaran Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu berusaha mendapatkan informasi yang selengkap mungkin mengenai pengembangan silabus dan penilaian hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Pedamaran Timur. Informasi yang digali lewat wawancara mendalam terhadap Kepala Sekolah dan guru. Temuan-temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa guru-guru PAI SMP Negeri 1 Pedamaran Timur masih kesulitan dalam pengembangan silabus, terutama dalam pengembangan indikator sebagai pengalaman hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaannya, silabus juga tidak selalu menjadi acuan utama ketika melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Guru-guru lebih cenderung melakukan kegiatan pembelajaran berdasarkan urutan materi ajar yang sudah terdapat dalam buku sumber. Guru-guru di SMP Negeri 1 Pedamaran Timur juga masih belum melakukan persiapan yang baik dalam hal penyusunan alat evaluasi pembelajaran. Kekurangan ini mencakup aspek-aspek perencanaan evaluasi pembelajaran, penyusunan soal tes, pengolahan dan analisis hasil evaluasi serta interpretasi dan tindak lanjut hasil evaluasi. Oleh karena itu, beberapa rekomendasi yang perlu dilakukan diantaranya adalah perlunya pemberian training atau pelatihan pengembangan silabus bagi guru-guru terutama guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pedamaran Timur, dibutuhkan keaktifan dari pihak sekolah dalam melakukan pengawasan terhadap guru terutama dalam komitmen menggunakan silabus sebagai acuan pembelajaran serta perlunya perbaikan dalam pengembangan alat evaluasi pembelajaran guru-guru PAI di SMP Negeri 1 Pedamaran Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:32
Last Modified: 09 Jan 2020 08:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5482

Actions (login required)

View Item View Item