PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN GENDER PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA DI MTS NEGERI 1 PALEMBANG

NOVERLI, MUTHIAH FILDZAH (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN GENDER PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA DI MTS NEGERI 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis peserta didik berdasarkan gender pada materi barisan dan deret aritmetika di MTs Negeri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan populasi tujuh kelas dan sampel satu kelas, yaitu kelas VIII D. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data tes menggunakan deskriptif naratif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil: 1) Peserta didik perempuan memiliki kemampuan berpikir kritis lebih tinggi daripada peserta didik laki-laki pada materi barisan dan deret aritmetika. Hal ini dikarenakan peserta didik perempuan memiliki pemikiran yang lebih kompleks daripada peserta didik laki-laki. 2) Peserta didik laki-laki sedikit lebih unggul 10% di atas peserta didik perempuan dalam pencapaian indikator membuat simpulan. Hal ini dikarenakan peserta didik laki-laki memiliki ketertarikan terhadap hal-hal teoritis yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik perempuan. 3) Peserta didik laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang sama pada indikator membuat penjelasan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Gender, Barisan dan Deret Aritmetika
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:28
Last Modified: 09 Jan 2020 08:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item View Item