PENGORGANISASIAN PROGRAM CINTA AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

KRISNANI, UPIK (2018) PENGORGANISASIAN PROGRAM CINTA AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kegiatan program cinta Al-Qur’an ini sudah berjalan namun belum secara maksimal karena kepala sekolah kurang tegas dalam menjalankan kedisiplinan sehingga masih banyaknya guru yang datang ke sekolah tidak tepat waktu dan tidak bertanggung jawab terhadap tugas yang telah diemban kepadanya, dan masih adanya siswa-siswi yang terlambat datang ke sekolah. Sehingga diperlukan pengorganisasian program cinta Al-Qur’an secara maksimal, meningkatkan pembagian pekerjaan dan tanggung jawab yang telah disusun oleh kepala sekolah. Kegagalan pengorganisasian program cinta Al-Qur’an dalam mengatur tenaga pendidik yang ada di SMP Muhammadiyah Palembang, tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan kegagalan di semua lini dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengorganisasian program cinta Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana pengorganisasian program cinta Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 4 Palembang, dan Faktor apa saja yang mempengaruhi pengorganisasian program cinta Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengorganisasian program cinta Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 4 Palembang, dan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi pengorganisasian program cinta Al-Qur’an. Dalam penelitian ini yang menjadi informan pokok adalah kepala sekolah dan yang menjadi informan pendukung ialah wakil kepala sekolah bagian ismuba, guru, dan siswa. Menurut metodologi, jenis penelitian ini library research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data/kesimpulan, dan triangulasi data. Dari hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Pertama, pengorganisasian program cinta Al-Qur’an melalui 5 tahapan yaitu perincian program cinta Al-Qur’an dilakukan oleh kepala sekolah dan waka ismuba, pembagian pekerjaan dilakukan berdasarkan kualifikasi guru, penyatuan pekerjaan setiap guru memegang 10 siswa, untuk mengkoordinasikan perkerjaan kepala sekolah memberikan dukungan dan insentif kepada masing-masing guru, serta monitoring dan reorganisasi dilakukan pengecekkan setiap pagi dan diadakan pertemuan setiap dua bulan sekali. Kedua, faktor yang mempengaruhi pengorganisasian program cinta Al-Qur’an yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi semangat belajar siswa, bertambahnya volume kegiatan, adanya insentif, serta pengetahuan dan kemampuan tenaga pendidik. Sedangkan faktor eksternal meliputi teknologi, lingkungan, dan metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian, Program Cinta Al-Qur’an
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:30
Last Modified: 10 Jan 2020 03:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5494

Actions (login required)

View Item View Item