HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN DI KELUARGA DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 OGAN KOMERING ULU (2010)

Ibnu, Sodik (2020) HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN DI KELUARGA DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 OGAN KOMERING ULU (2010). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
daftar isi (1).pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-5 ok.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN DI KELUARGA DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS 4 OGAN KOMERING ULU ”, dilatarbelakangi sebuah kesadaran bahwa pendidikan merupakan proses yang amat penting dalam kehidupan individu dan masyarakat. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dan di keluarga menjadi sangat penting bagi perkembangan agama pada seorang individu, agar menjadi individu yang religius. Dengan adanya kerjasama antara pendidikan di sekolah dan keluarga secara intensif, maka akan sangat berpengaruh terhadap tingkat religiusitas peserta didik. Penelitian bertujuan untuk menjawab permasalahan apakah terdapat hubungan antara Pendidikan Agama Islam di sekolah dengan tingkat religiusitas peserta didik di SMA Negeri 4 OKU ? Apakah terdapat hubungan antara Pendidikan Agama Islam di keluarga dengan tingkat religiusitas peserta didik di SMA Negeri 4 OKU ? Apakah proses Pendidikan Agama Islam di sekolah dan di dalam keluarga secara bersamaan memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat religiusitas peserta didik di SMA Negeri 4 OKU ? Jadi penelitian ini menguji hubungan pendidikan agama di sekolah dan pendidikan di keluarga dengan tingkat religiusitas peserta didik di SMA Negeri 4 OKU. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan SMA Negeri 4 OKU dijadikan sebagai tempat penelitian. Data yang di analisis adalah data kuantitatif yang diperoleh dari angket yang dibagikan kepada subyek penelitian yang dalam hal ini adalah peserta didik SMA Negeri 4 OKU berjumlah 83 kuesioner dan kesemuanya dapat dipergunakan dalam analisis data (response rate 100%). Pengujian terhadap seluruh hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi setelah dilakukan persentase skor jawaban kuisioner pada tiga variable, uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi terhadap seluruh variabel yang ada. Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis kerja dapat terbukti di lapangan, secara indiviual variabel pendidikan agama di sekolah yang dimasukkan dalam model regresi, memiliki hubungan dengan tingkat religiusitas dengan memberi nilai unstandardized coefficients B sebesar 0,136, standardized coefficients (Beta) sebesar 0,148 dan nilai t sebesar 1,365 dengan tingkat probabilitas 0,046 sehingga probabilitas lebih kecil dari 0.050 atau taraf signifikansi 5%. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel pendidikan agama di sekolah memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat religiusitas. Demikian juga variabel pendidikan agama di keluarga yang dimasukkan dalam model regresi, memiliki hubungan dengan tingkat religiusitas peserta didik di SMA Negeri 4 OKU dengan memberi nilai unstandardized coefficients sebesar 0,251, standardized coefficients (Beta) sebesar 0,302 dan nilai t sebesar 2.785 dengan tingkat probabilitas 0,007 sehingga probabilitas lebih kecil dari 0.010 atau taraf signifikansi 1%. Demikian pula halnya secara keseluruhan didapatkan F Hitung sebesar 6.477 dengan tingkat probabilitas 0,002 (sangat signifikan) sehingga dapat dikatakan bahwa pendidikan agama di sekolah dan pendidikan agama di keluarga secara bersama-sama memiliki hubungan dengan Tingkat religiusitas peserta didik di SMA Negeri 4 OKU. Dengan demikan kedua variabel dalam penelitian ini dapat diaplikasikan dalam menumbuhkan tingkat religiusitas peserta didik di SMA Negeri 4 OKU. Dan dengan penelitian ini dapat diketahui bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dan di dalam keluarga menjadi sangat penting bagi perkembangan agama pada seorang individu, agar menjadi individu yang religius.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:30
Last Modified: 13 Jan 2020 07:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5508

Actions (login required)

View Item View Item