HARAHAP, NURDIANA (2019) PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA di SMP NEGERI 52 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Download (33kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas “Pelaksanaan Program Adiwiyata di SMPN 52 Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa diSMPN 52 Palembang sudah mendapat penghargaan sebagai sekolah adiwiyata tingkat Kota/Kabupaten, adiwiya tatingkat Provinsi, dan adiwiyata tingkat Nasional. Tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat permasalahan seperti penggunaan prasarana yang belum maksimal, perawatan di taman obat keluarga belum maksimal, dan lingkungan sekolah masih terdapat sampah yang berserakan. Adapun yang menjadi rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan program adiwiyata di SMPN 52 Palembang dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program adiwiyata di SMPN 52 Palembang. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan program adiwiyatadi SMPN 52 Palembang dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program adiwiyata di SMPN 52 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini penelitian dekriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Miles dan Huberman. Informan kunci (key informan) dalam penelitian ini adalah ketua pengurus program adiwiyata. Sedangkan informan pendukung adalah penanggung jawab program adiwiyata (kepalasekolah), koordinator program adiwiyata, dan peserta didik di SMPN 52 Palembang. Adapun hasil penelitian ini bahwa pelaksanaan program adiwiyata di SMPN 52 Palembang sesuai dengan indikator dalam pelaksanaan program adiwiyata yaitu: Pertama, adanya partisipasi semua pihak bahwa warga sekolah terlibat dengan memiliki peran dan tugas dalam melestarikan lingkungan. Kedua, kerja sama yaitu seluruh warga sekolah bekerja sama untuk mencapai tujuan program adiwiyata. Ketiga, memberi motivasi untuk meningkatkan semangat dan kemauan warga sekolah dengan memberikan penghargaan. Keempat, berkomunikasi secara baik yang dilakukan secara langsung dan tertulis. Kelima, mengembangkan potensi dengan metode pendidikan dan pelatihan. Keenam, memberi penghargaan kepada anggota berupa hadiah dan ucapan kepada warga sekolah yang mempunyai nilai lebih. Ketujuh, memenuhi kebutuhan dengan melengkapi sarana dan prasarana dalam pelaksanaan program adiwiyata. Kedelapan, merevisi/memperbaiki yaitu melihat permasalahan kemudian mencari solusi dengan megadakan rapat. Sedangkan factor penghambatnya antara lain penggunaan sarana dan prasarana kurang maksimal, ada siswa yang kurang rajin, keterbatasan dana, dan kurangnya partisipasi dari masyarakat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelaksanaan program adiwiyata |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 10 Jan 2020 09:29 |
Last Modified: | 10 Jan 2020 09:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5534 |
Actions (login required)
View Item |