PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG

SAFITRI, RIKA (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Dengan menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran tematik semua siswa terlibat aktif dan semua siswa diberi kesempatan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Jenis penelitian ini adalah true Experimental design dengan desain penelitian Posttest-only control design. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A untuk kelas yang diberikan perlakuan dan kelas III B untuk kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang dengan materi pecahan biasa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis datanya menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tesnya menggunakan rumus Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji-t dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dibanding hasil belajar kelas kontrol. Dari pengolahan data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t di dapat thitung = 5,21 dan untuk ttabel dengan dk = 66 taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,99 . Karena thitung > ttabel sehingga dari hasil perhitungan uji-t ini HI diterima dan hipotesis H0 di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang materi pecahan biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik hasil belajar siswa pembelajaran matematika
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:06
Last Modified: 13 Jan 2020 08:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5571

Actions (login required)

View Item View Item