PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 2 OKU

ANTIKA, MIA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 2 OKU. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sering diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan budaya. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu model pembajaran yang melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran untuk mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learing (CTL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 2 OKU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 2 OKU. Desain penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design dengan metode quasi experimental design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Sampel penelitian berjumlah 28 siswa yang terdiri 1 kelas eksperimen. Berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learing (CTL) terdapat peningkatkan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji N-Gain yaitu sebesar 0,44 dengan kategori sedang dan hasil uji hipotesis akhir yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis skor rata-rata ketuntasan indikator keterampilan berpikir kritis siswa pretest sebesar 18,00% kategori sangat kurang dan posttest sebesar 50,89% kategori cukup. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 2 OKU. Untuk peneliti selanjutnya, agar dapat mengembangkannya dengan menggunakan instrumen tes lebih baik sehingga dapat diterapkan dikonsep lainnya untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengaruh contextual teaching and learning CTL fisika usaha dan energi
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:43
Last Modified: 14 Jan 2020 08:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5622

Actions (login required)

View Item View Item