PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI SMP ADABIYAH PALEMBANG

KARUANA, MARGARETA (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI SMP ADABIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I PDF.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PDF.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SMP Adabiyah Palembang dengan materi operasi hitung bilangan pecahan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain true experimental design menggunakan kategori post-test only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII yang ada di SMP Adabiyah Palembang tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian dengan teknik simple random sampling. Dari enam kelas populasi yang dijadikan sampel yaitu kelas VII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 32 siswa. Pelaksanaan penelitian selama masing-masing empat kali pertemuan yang dibagi menjadi tiga kali pertemuan pembelajaran dan satu kali pertemuan post-test. Pengumpulan data penelitian melalui tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan observasi pendekatan pembelajaran kontekstual. Setelah data dari hasil tes diperoleh, selanjutnya hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji Independent Sample t Test melalui SPSS 21. Dari hasil tes didapat perhitungan statistik yang menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 lebih kecil dari nilai α (0,05) yang menyebabkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SMP Adabiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pembelajarankontekstual kemampuan berpikir tingkat tinggi bilangan pecahan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:44
Last Modified: 14 Jan 2020 08:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5630

Actions (login required)

View Item View Item