PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG

MUJIATI, WIWIT (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZIZAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Listening Team Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Azizan Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi-materi yang diajarkan guru dan guru lebih banyak menggunakan metode ceramah yang membuat siswa menjadi bosan, ribut, ngantuk dan membuat suasana dikelas tidak kondusif lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran listening team, hasil belajar siswa dan pengaruh penerapan model pembelajaran listening team terhadap hasil belajar siswa. Metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen Pre-Experimental Design (nondesign) bentuk one-group pretest-postest design. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Azizan Palembang yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisa uji tes “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, hal ini dapat dilihat dari uji hipotesisnya dari t_(hitung )sebesar (to= 13,93) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (t_(tabel 5%)=2,08 dan t_(tabel 1%)= 2,84) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,08< 13,93 > 2,84. Dengan demikian to lebih besar dari pada tt baik dari taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%. Ini berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) terbukti atau dapat diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran listening team terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Azizan Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran listening team hasil belajar dan ilmu pengetahuan sosial ips
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:19
Last Modified: 15 Jan 2020 02:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5639

Actions (login required)

View Item View Item