PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRESENTASIKAN IDE/GAGASAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS PARADIGMA PALEMBANG

KOMALASARI, IIS (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRESENTASIKAN IDE/GAGASAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTS PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan mempresentasikan ide/gagasan siswa pada pembelajaran matematika di MTs paradigma palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan desain one-group pretest-posttest design, populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VIII MTs Paradigma Palembang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah 60 siswa. penelitian ini mengambil satu kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII.A dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat pertemuan. Pertemuan pertama penyebaran angket sebelum menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE), kedua dan ketiga peneliti menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) di kelas eksperimen. Pada pertemuan keempat penyebaran angket sesudah diterapkankan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) di kelas eksperimen untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan mempresentasikan ide/gagasan siswa pada pembelajaran matematika. Data yang diperoleh dari hasil tes untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t, dari hasil analisis diperoleh nilai thitung=4,725>ttabel=2,024. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan mempresentasikan ide/gagasan siswa pada pembelajaran matematika di MTs paradigma palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran student facilitator and explaining (SFE), kemampuan mempresentasikan ide/gagasan siswa pada pembelajaran matematika.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:45
Last Modified: 15 Jan 2020 07:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5665

Actions (login required)

View Item View Item