PENGARUH PENERAPAN ALAT PERAGA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA PALEMBANG

SARI, YUNITA (2018) PENGARUH PENERAPAN ALAT PERAGA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V..pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Judul Penelitian ini adalah “Pengaruh Penerapan Alat Peraga Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palembang”. Penelitian ini membahas Pengaruh Penerapan Alat Peraga Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga corong berhitung terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palembang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan alat peraga corong berhitung di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palembang?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas control di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palembang? Dan 3) Bagaimana pengaruh alat peraga corong berhitung terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palembang?Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan bentuk desain eksperimen true-eksperimental design yaitu posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palembang. sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III B yang berjumlah 35 siswa dan III C 35 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Jenis data yang penulis lakukan dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif. Data yang meliputi data berupa data yang didapatkan dari hasil tes tertulis posttest yang meliputi hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palembang. Berdasarkan hasil analisis data uji normalitas nilai postest siswa Lo = 0,142 ˂ Ltabel= 0,149 maka H0 diterima data berasal dari berdistribusi normal” dan fhitung = 1,67< ftabel = 1,77 maka H0 diterima dan disimpulkan kedua kelompok data memiliki varians yang sama atau homogen. Selanjutnya perhitungan uji t di dapat thitung = 3,54 dan untuk ttabel dengan dk = 68 taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,99. Karena thitung > ttabel sehingga dari hasil perhitungan uji-t ini H0 di tolak dan HI diterima yang artinya pada tingkat kepercayaan 95% disimpulkan bahwa ada pengaruh alat peraga corong berhitung terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: alat peraga corong berhitung hasil belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:46
Last Modified: 15 Jan 2020 07:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5670

Actions (login required)

View Item View Item