PERAN GURU PAI DALAM MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN HANDPHONE SISWA KELAS IX DI SMP PATRA MANDIRI I PALEMBANG

ANDRI, NOPI (2018) PERAN GURU PAI DALAM MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN HANDPHONE SISWA KELAS IX DI SMP PATRA MANDIRI I PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I .pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Teknologi diciptkan oleh manusia untuk mempermudah komunikasi. salah satunya handphone. Handphone merupakan sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar secara konvensional yang mudah dibawa dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon yang menggunakan kabel. Handphone telah menjadi peralatan komunikasi yang sangat penting dan mudah, baik perangkat kerasnya (handware) berupa pesawat telepon maupun perangkat lunak (software) berupa chip dan pulsa.handphone yang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia secara khusus juga bermanfaat bagi dunia pendidikan terutama dalam peroses pembelajaran, baik dalam prorses pembelajaran dan proses perencanaan pembalajaran, pengelolaan pembelajaran serta penilaian pembelajaran. Penggunaan handphone juga dapat bermanfaat bagi siswa jika digunakan untuk kepentingan belajar. Namun apabila penggunaan handphone tidak di gunakan bijak maka akan berpengaruh pada prestasi belajar. Derasnya arus globalisasi saat ini, teknologi informasi global semakin maju dan sangat mudah diakses oleh semua kalangan. Pengaruh negatif juga bebas masuk di lingkungan masyarakat yang dapat berdampak pada gaya atau perilaku bersosial setiap individu masyarakat. Apalagi dampak tersebut sangat rawan bagi seorang siswa dalam pertumbuhannya sehingga timbul perilaku menyimpang seperti kenakalan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam menanggulangi dampak negatif penggunaan handphone siswa kelas IX di SMP patra mandiri 1 palembang, Selain itu untuk mengetahui mengenai dampak positif dan negatif penggunaan handphone siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskripsi kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data peneliti wawancara dengan guru PAI SMP Patra mandiri 1 . Dari data wawancara bersama guru lalu peneliti menganalisis kembali hasil dari wawancara dari guru tersebut. Hasil penelitian yang dilakukan penulis yaitu, Pertama, Peran guru Pendidikan PAI sudah cukup baik dan ini perlu dikembangkan kembali ke depannya khususnya peran guru PAI dalam menanggulangi dampak negatif penggunaan handphone. Kedua, dampak positif dan negatif penggunaan handphone, dampak positif yaitu: menambah pengetahuan dibidang IPTEK lebih luas, mempermudah berkomunukasi, lebih mudah mencari dan mendapatkan informasi, memperluas jaringan persahabatan, dan sebagai penghibur pada saat siswa jenuh belajar. dan dampak negatifnya yaitu: Dapat mempengaruhi perkembangan anak dan aktivitas belajari siswa. Diataranya yaitu siswa jadi malas belajar, ketika belajar siswa tidak konsentarasi dalam belajar karena sibuk bermain handphone, minat baca berkurang, membuka situs pornoografi, cenderung tidak mau beraktivitas yang lain karena sibuk bermain handphone dan banyak menghabiskan waktu untuk bermain handphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PERAN GURU PAI MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN HANDPHONE
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Jan 2020 09:35
Last Modified: 15 Jan 2020 09:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5674

Actions (login required)

View Item View Item