PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI AHLIYAH 4 PALEMBANG

ELIANA, YOLA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI AHLIYAH 4 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
b. BAB I copy.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
f. BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk berkomunikasi dengan diri kita sendiri dan dengan orang lain. Membaca itu penting karena sebagai sarana seseorang terutama untuk anak-anak mulai belajar berkomunikasi. Membaca memerlukan suatu keterampilan yang kompleks, untuk itu diperlukan model yang menarik ketika pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran yang cocok dalam pembelajaran Kemampuan membaca adalah Think Pair And Share model pembelajaran TPS, pembelajaran membaca dilakukan dengan kegiatan kooperatif atau kerja kelompok. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca Puisi siswa kelas V sebelum menerapkan model pembelajaran TPS pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ahliyah 4 Palembang, bagaimana kemampuan membaca Puisi siswa kelas V sesudah menerapkan model pembelajaran TPS pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ahliyah 4 Palembang, dan adakah penerapan model pembelajaran TPS terhadap kemampuan membaca Puisi siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ahliyah 4 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas V MI Ahliyah 4 Palembang yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data adalah siswa kelas V dan guru MI Ahliyah 4 Palembang. Analisis data menggunakan rumus statistik uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan membaca puisi siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ahliyah 4 Palembang sebelum menerapkan model pembelajaran TPS mendapat skor rata-rata 60. Kemampuan membaca Puisi siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Ahliyah 4 Palembang sesudah menerapkan model pembelajaran TPS mengalami peningkatan skor mean atau rata-rata menjadi 78. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, dapat diberikan interpretasi terhadap dengan terlebih dahulu memperhitungkan df atau db-nya. df atau db = N-1 = 12-1 = 11, dengan df sebesar 12 peneliti berkonsultasi pada tabel nilai “t”. Ternyata dengan df sebesar 11 itu maka diperoleh kritik t atau tabel pada signifikansi 5% sebesar 3,10 sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh sebesar 2,71. Dari proses membandingkan besarnya “t” maka dapat diketahui bahwa adalah lebih besar daripada yaitu 3,10<10,94>2,71. Karena lebih besar daripada maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya pengaruh penerapan yang signifikan melalui penerapan model TPS terhadap kemampuan membaca Puisi siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ahliyah 4 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE KEMAMPUAN MEMBACA PUISI
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Jan 2020 09:37
Last Modified: 15 Jan 2020 09:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5678

Actions (login required)

View Item View Item