PENGARUH PENERAPAN METODE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI MUNAWARIYAH PALEMBANG

NURKHOTIMAH, SITI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI MUNAWARIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di MI Munawariyah Palembang didominasi oleh model belajar ceramah, dan kurang menerapkan metode pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bamboo dancing untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana hasil belajar siswa kelas Eksperimen dengan menggunakan metode bamboo dancing pada mata pelajaran IPS kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan metode bamboo dancing pada mata pelajaran IPS Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang? Apakah terdapat pengaruh dari diterapkannya metode bamboo dancing terhadap hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang ? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Dalam penelitian ini yang digunakan yaitu penelitian true eksperimental desings dengan bentuk posttest only control desings. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 orang siswa kelas V yang terdiri 24 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Untuk memperoleh data penulis menggunakan data yaitu: observasi, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa belajar IPS, wawancara untuk mengetahui proses belajar mengajar di MI Munawariyah, metode tes untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa, yang menggunakan metode bamboo dancing dengan yang tidak menggunakan metode bamboo dancing, dokumentasi untuk mengetahui data tentang keadaan guru, siswa dan sarana prasarana sekolah. Hasil penelitian ini: pertama hasil belajar IPS kelas eksperimen dengan menggunakan metode bamboo dancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu tergolong sedang dengan frekuensi hasil belajar dengan mendapatkan mean sebesar 89,6. Sedangkan presentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 3 orang siswa (12%), skor sedang 18 orang siswa (72%), dan skor rendah ada 4 orang siswa (16%). Kedua untuk kelas kontrol Hasil belajar siswa yang menerapkan metode ceramah mendapatkan mean sebesar 68,4. persentase hasil belajar siswa yang memperoleh skor tinggi ada 4 orang siswa (16%), skor sedang ada 20 orang siswa (80%) dan skor rendah ada 1 orang siswa (4%). Ketiga Penggunaan model pembelajaran bamboo dancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t yaitu: perhitungan (to=9,523) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts 5% =2,01dan ttts 1% = 2,68) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,01 <9,523>2,68.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bamboo dancing rumusan masalah hasil belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Jan 2020 09:37
Last Modified: 15 Jan 2020 09:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5680

Actions (login required)

View Item View Item