EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MEMATIKA PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU DI SMA NEGERI 3 BANYUASIN

MUSLIMAH, MUSLIMAH (2019) EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MEMATIKA PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU DI SMA NEGERI 3 BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi integral tak tentu di SMA NEGERI 3 BANYUASIN. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exprimental design dengan desain posttest only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI yang ada di SMA N 3 BANYUASIN tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 75 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI IPA 3 dengan jumlah 25 siswa sebagai kontrol dan kelas XIIPA 1 berjumlah 25 siswa sebagai kelas ekprimen. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan pertemuan kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan pendekatan PMRI dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi integral tak tentu. Pada pertemuan ketiga kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan observasi guru. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t’. Dari hasil analisis diperoleh , = 2,97 dan dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,68 yang berarti > ttabel yaitu 2,246 > 1,68 Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima artinya pendekatan PMRI efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendekatan PMRI kemampuan pemahaman konsep matematika integral tak tentu
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 15 Jan 2020 09:49
Last Modified: 15 Jan 2020 09:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5686

Actions (login required)

View Item View Item