KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IBA PALEMBANG

YANTI, FITRI (2019) KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IBA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB KESIMPULN DAN SARAN.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Kreativitas dan keterampilan guru dalam memahami bahan ajar belum maksimal dikarenakan minimnya pelatihan yang diikuti, sarana dan prasarana yang kurang mendukung guru dalam pengembangan bahan ajar. Oleh karena itu di perlukan peningkatan terhadap kompetensi guru dan pendidikan harus lebih memperhatikan isi dan proses pembelajaran. Sasaran utama kreativitas guru dalam pengembangan bahan ajar di sekolah yaitu sebagai sarana pendidikan yang mampu melakukan perubahan pada pencapaian kompetensi tentang perencanaan proses pembelajaran yang mensyaratkan bagi pendidik pada satuan pendidikan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Salah satu elemen dalam RPP adalah sumber belajar. Dengan demikian, guru diharapkan untuk mengembangkan bahan ajar sebagai salah satu sumber belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kreatuivitas guru dalam pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam di SMP IBA Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan data reduction, data display dan verification. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan guru pendidikan agama Islam. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam sudah kreatif dilihat dari cara guru menemukan ide terhadap bahan ajar, cara yang dilakukan dan dilihat dari hasil yang dibuat bahan ajarnya dan melakukan pengembangan bahan ajar dengan sesuai dengan prosedur pengembangan bahan ajar seperti menganalisis, perancangan, pengembangan, evaluasi dan revisi. Faktor pendukung kreativitas guru dalam pengembangan bahan ajar yaitu dari sekolah, dan peserta didik. Sedangkan faktor penghambat kreativitas guru dalam pengembangan bahan ajar waktu, sarana dan prasarana dan refrensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kreativitas guru pengembangan bahan ajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 16 Jan 2020 02:44
Last Modified: 16 Jan 2020 02:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5703

Actions (login required)

View Item View Item