PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI NURUL QOMAR PALEMABANG

DEWI, DIANA CITRA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI NURUL QOMAR PALEMABANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan pembelajaran yang penting untuk dipelajari, oleh karena itu matematika diajarkan sejak usia sekolah dasar. upaya yang dilakukan guru untuk membantu siswa menguasai materi pecahan salah satunya dengan cara mengarsir, tetapi sedikit sekali yang menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran kartu pecahan diharapkan dapat memotivasi siswa belajar matematika dan agar siswa lebih menyukai matematika, karena kartu merupakan alat bermain yang biasa di gunakan siswa. Hal ini akan mempermudah guru untuk meningkatakan penguasaan materi siswa pada pokok bahasan pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk megetahui bagaimana penerapan media kartu pecahan pada mata pelajaran matematika kelas 4 di MI Nurul Qomar Palembang,untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas 4 sebelum dan sesudah diterapkan media kartu pecahan pada mata pelajaran matematika kelas 4 di MI Nurul Qomar Palembang, dan untuk mengetahui Adakah pengaruh media kartu pecahan pada mata pelajaran matematika kelas 4 MI Nurul Qomar Palembang. Metode penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Pre-Experimental Design (nondesign) bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Adapun yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Nurul Qomar Palembang yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan TSR, dan rumus statistik uji “t”.Dari analisis tersebut maka dapat disimpulkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diambil kesimpulan antara skor hasil tes sebelum dan sesudah diterapkannya media kartu pecahan terdapat pengaruh, hal ini terlihat to 2,09 <,7.30 > 2,86 pada taraf signifikan 5% ini berarti bahwa penerapan media kartu pecahan itu telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidiyah Nurul Qomar Palembang. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes soal mereka meningkat atau lebih baik dari pada sebelum penerapan media kartu pecahan. Sehingga pembelajaran dengan media kartu pecahan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media kartu pecahan hasil belajar matematika
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:40
Last Modified: 16 Jan 2020 04:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5745

Actions (login required)

View Item View Item