PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTS NURUL AMAL PANCASILA

UMAYYA, NUR (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTS NURUL AMAL PANCASILA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pembelajaran pendekatan resource based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di MTs Nurul Amal Pancasila dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional di MTs Nurul Amal Pancasila. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah True-Experimental Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII tahun 2018-2019. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dan dipilih 2 kelas sebagai sampel yaitu, siswa kelas VIII.1 dan kelas VIII.2. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebagai pengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji t dan taraf signifikan = 0,05. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,75 dan ttabel = 1,999 pada taraf signifikan 5%. Dimana nilai thitung > ttabel yaitu 2,75>1,999 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa adanya pengaruh penerapan pendekatan resource based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII di MTs Nurul Amal Pancasila.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendekatan resource based learning kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 16 Jan 2020 06:50
Last Modified: 16 Jan 2020 06:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5754

Actions (login required)

View Item View Item