Nurfalah, Nurfalah (2016) PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS N 1 TANJUNG RAJA KECAMATAN TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I dan BAB II.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul "Penerapan Model Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mts N 1 Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir". Dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction merupakan model pembelajaran lansung. Model pemebelajaran ini dirancang khusus untuk meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran sebangai penunjang pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penerapan model Explicit Instruction pada mata pelajaran Fiqih terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTs N 1 Tanjung Raja Kelurahan Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Tanjung Raja? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan Model Explicit Instruction pada mata pelajaran Fiqih terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 1 Tanjung Raja kelurahan Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian Ekperimen dan menggunakan pendekatan Kuantitatif desain penelitian true experimental (Experimen yang sebenarnya). Penelitian ini menggunakan pree-test post-tets control greup desain. Jenis pengumpulan data yang di gunakan yaitu data Kuntitatif dengan menunjukkan dengan angka-angka. Untuk jumlah populasi 199 siswa, sedangkan sampel penelitiannya 62 siswa, dan peneliti membaginya menjadi dua kelas yaitu kelas konrtrol yang berjumlah 31 siswa pada kelas VII.2 dan kelas eksperimen 31 siswa pada kelas VII.1. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer yaitu data yang bersumber dari responden yaitu siswa sedangkan data sekunder yaitu data penunjang, diperoleh dari dokumentasi sekolah dan bahan perpustakan yang berkeaan dengan pembahasan. Alat pengumpulan data penulis menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dikumpulkan, rekapitulasi, kemudian dianalisis dengan satatistik, yaitu mean, standar deviasi, TSR dan Menggunakan Rumus "T". Setelah dimelakukan penganalisa data maka dapat diketahui bahwa hasil dari belajar siswa MTs N 1 Tanjung Raja yang tidak diterapkan model pemebelajaran Eksplicit Instruction VII.2 yaitu siswa yang mendapat nilai tinggi (82 keatas) diperoleh oleh 7 orang siswa dengan presentase 22, 581% sedang (65-81) diperoleh 19 orang siswa dengan presentase 61, 290, rendah (64 kebawah) diperoleh 5 orang siswa dengan presentase 16, 129%.Hasil belajar siswa MTs N 1 Tanjung Raja yang diterapkan model pembelajaran Exsplicit Instruction kelas VII.1 yaitu siswa yang mendapatkan nilai tertinggi (93 keatas) diperoleh 4 orang siswa dengan presentase 12, 903%, sedang (87-92) diperoleh 17 orang siswa dengan presentase 54, 839, rendah (86 kebawah) diperoleh 10 siswa dengan presentase 32, 258%. Jadi berdasarkan analisis ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang singnifikan antara penerapan model Explicit Instruction pada mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs N 1 Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir, Dengan ini dinyatakan Ha diterima Ho di tolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Explicit Instruction, Meningkatkan Hasil Belajar, Fiqih. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 17 May 2016 02:26 |
Last Modified: | 17 May 2016 02:26 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/578 |
Actions (login required)
View Item |