INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MIN 01 TELADAN PALEMBANG

NAPIDA, LIDIA (2019) INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MIN 01 TELADAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi Lidia Napida.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Skripsi Lidia Napida.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa di MIN 01 Teladan Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan secara terperinci, dan mendalam pada interaksi guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa di MIN 01 Teladan Palembang. Dan yang diperoleh merupakan data deskriptif mengenai gambaran fakta yang terjadi di lapangan. Subjek penelitian adalah guru, orang tua dan siswa kelas II C MIN 01 Teladan Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian interaksi guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa di MIN 01 Teladann Palembang menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru telah melakukan komunikasi edukatif dengan penanaman nilai-nilai yang mendidik sudah berjalan cukup baik. Bentuk-bentuk informasi komunikasi edukatif berupa pesan edukatif, yaitu guru memberikan ilmu pengetahuan dan mendidik mengenai nilai-nilai, norma dan tingkah laku yang benar. Interaksi merupakan hubungan timbal balik. Hubungan yang bersifat mendidik yaitu adanya perubuhan tingkah laku siswa ke arah kedewasaan. Interaksi guru dan orang tua yang mendidik serta mengarahkan yang baik maka akan menumbuhkan suatu motivasi belajar pada diri siswa. Motivasi ini sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sebuah proses pembelajaran. dewasaan ini banyak permasalahan adanya krisis motivasi belajar pada diri siswa, sehingga pembelajaran di dalam kelas tidak berjalan secara baik sehingga yang terjadi adalah pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang semakin menurun. Maka hal ini dapat menjadi kendala pada pencapaian tujuan pendidikan yang hakiki. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka fokus permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana interaksi guru dan orang tua dalam memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di MIN 01 Teladan Palembang. 2. Bagaimana pola komunikasi yang diterapkan guru dan orang tua memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di MIN 01 Teladan Palembang. 3. Apa saja hambatan interaksi guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa di MIN 01 Teladan Palembang. Adapun hasil penelitian interakasi guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa di MIN 01 Teladan Palembang menunjukkan bahwa: 1. interaksi guru dan orang tua dalam memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di MIN 01 Teladan Palembang berjalan dengan baik sehingga hampir seluruh siswa termotivasi. 2. Pola komunikasi yang diterapkan guru dan orang tua memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di MIN 01 Teladan Palembang baik itu secara langsung maupun tidak langsung. 3. Hambatan interaksi guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa di MIN 01 Teladan Palembang baik itu dari orang tua yang sulit hadir di saat rapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Guru Orang Tua dan Motivasi Belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:36
Last Modified: 17 Jan 2020 04:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5784

Actions (login required)

View Item View Item