PENGARUH PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BERKAT

ARINDA, GELA (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 3 BERKAT. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenal sejumlah materi pelajaran tertentu. Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran didukung oleh metode pembelajaran diantaranya metode index card match. metode pembelajaran ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Metode index card match pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD Negeri 3 Berkat, bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode index card match pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 3 berkat, apakah terdapat pengaruh penggunaan metode index card match pada mata pelajaran Matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 3 Berkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Berkat Kec. Sirah Pulau Padang Kab. OKI. Sampelnya adalah siswa kelas V di SD Negeri 3 Berkat Kec. Sirah Pulau Padang Kab. OKI dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis data menggunakan rumus TSR dan uji tes “t”. Hasil belajar siswa kelas kelas V di SD Negeri 3 Berkat Kec. Sirah Pulau Padang Kab.OKI pada mata pelajaran matematika sebelum menggunakan metode index card match tergolong tinggi sebanyak 4 orang siswa (12,5%), tergolong sedang sebanyak 19 orang siswa (59,38%), dan yang tergolong rendah 9 orang siswa (28,12%). Hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode index card match tergolong tinggi sebanyak 5 orang siswa (15,62%), tergolong sedang sebanyak 21 orang siswa (65,63%) dan yang tergolong rendah sebanyak 6 orang siswa (18,75%). Pengaruh metode index card match pada mata pelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 3 Berkat lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan penrhitungan uji “t” dibuktikan dengan melihat pengaruh dengan uji “t” jika ttabel<thitung>ttabel atau 2,03<8,53>2,74 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan metode index card match pada mata pelajaran matematika kelas V di SD 3 Negeri Berkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran aktif index card match dan hasil belajar matematika
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:32
Last Modified: 17 Jan 2020 07:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5827

Actions (login required)

View Item View Item