PERAN LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI HIJIYAH II PALEMBANG

SAFITRI, TIARA (2019) PERAN LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI MI HIJIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Literasi merupakan suatu kemampuan seseorang dalam menggunakan potensi dan keterampilan mengolah dan memahami suatu informasi dari proses membaca. Dalam hal ini, literasi juga sering disebut dengan budaya membaca. Literasi mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan, salah satunya dalam kegiatan menulis karangan siswa. Literasi atau budaya membaca dan menulis mempunyai hubungan yang signifikan, di mana kegiatan literasi atau budaya membaca merupakan suatu kegiatan menambah informasi atau wawasan baru yang mana hal tersebut secara tidak langsung sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa menjadi lebih baik lagi. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kegiatan literasi pada siswa kelas V. B di MI Hijriyah II Palembang?; (2) Bagaimana kemampuan menulis karangan siswa kelas V. B di MI Hijriyah II Palembang?; (3) Apa saja hambatan dalam kegiatan menulis karangan siswa kelas V. B di MI Hijriyah II Palembang?; (4) Bagaimana peran literasi terhadap kemampuan menulis karangan siswa kelas V. B di MI Hijriyah II Palembang?. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 149 siswa yang kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu kelas V. B yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kegiatan literasi di kelas V. B MI Hijriyah II Palembang sudah diterapkan, namun tidak semaksimal mungkin diterapkan karena ada beberapa faktor penghambat; (2) Kemampuan menulis karangan siswa kelas V. B MI Hijriyah II Palembang dapat dikategorikan baik, namun masih ada beberapa siswa yang masih belum memahami cara menulis karangan yang baik dan benar; (3) Hambatan dalam kegiatan menulis karangan siswa kelas V. B MI Hijriyah II Palembang yaitu kurangnya minat siswa dalam membaca sehingga siswa masih kesulitan dalam menentukan diksi atau pemilihan kata. Selain itu, masih ada siswa yang keliru dalam penempatan huruf kapital dan tanda baca; (4) Peran literasi terhadap kemampuan menulis karangan siswa sangat signifikan. Hasil menulis karangan siswa yang meningkat baik dihasilkan dari penerapan kegiatan literasi yang dilakukan dikelas V. B MI Hijriyah II Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peran literasi menulis karangan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:30
Last Modified: 20 Jan 2020 02:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5864

Actions (login required)

View Item View Item