PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM KELAS VII DI MTS PARADIGMA PALEMBANG

PRATIWI, PRATIWI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM KELAS VII DI MTS PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah merupakan kegiatan pembelajaran yang menuntut aktivitas fisik dan mental siswa untuk memahami suatu materi pembelajaran melalui situasi dan masalah yang disajikan pada awal pembelajaran dengan tujuan untuk melatih siswa menyelesaikan masalah dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap aktivitas belajar siswa pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem kelas VII MTs Paradigma palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah variabel bebas dan aktivitas belajar sebagai variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan lembar observasi untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah. Adapun Analisis data berdasarkan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 16 dengan analisis parametrik atau dalam hal ini uji hipotesis (uji-t dengan taraf signifikan 0,05). Dari data kelas kontrol dan kelas eksperimen maka diperoleh nilai t sebesar 3,394 dengan nilai signifikan 0,000 (yang artinya nilai signifikan tersebut < 0,05), maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima yang berbunyi, ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap aktivitas belajar siswa pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem kelas VII MTs Paradigma palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah aktivitas belajar siswa.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Jan 2020 06:43
Last Modified: 20 Jan 2020 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5885

Actions (login required)

View Item View Item