PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAMES SMART (MGS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP IBA PALEMBANG

ROZALINA, LIA (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAMES SMART (MGS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP IBA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai keberhasilan belajar yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berupa permianan. Salah satu media pembelajaran berupa permainan yaitu Monopoly Games Smart (MGS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Monopoly Games Smart (MGS) terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan di SMP IBA Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 08 – 11 April 2019. Metode penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design dengan desain penelitian The Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini yaitu dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, tes, observasi, angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan Program SPSS 22. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan hipotesis dengan (uji-t) menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran Monopoly Games Smart (MGS) berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Pemahaman konsep siswa dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Games Smart (MGS) lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Proses pembelajaran pada materi sistem pencernaan dirasakan lebih efektif dan berpusat pada siswa yang membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan membuat proses belajar menjadi lebih bermakna. Apabila respon pembelajaran baik, maka pemahaman konsep tentang materi juga akan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran Monopoly Games Smart (MGS) Pemahaman konsep siswa Sistem pencernaan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:20
Last Modified: 20 Jan 2020 07:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5903

Actions (login required)

View Item View Item