ROHANI, SITI (2019) PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN IMPLEMENTASINYA DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan soal yang dapat melatih kemampuan peserta didik untuk berpikir kreatif dalam pemecahan masalah. Soal yang digunakan saat evaluasi pembelajaran khususnya materi perubahan lingkungan hanya berada pada ranah kognitif C1-C3. Hal ini disebabkan oleh (1) belum adanya pengetahuan guru mengenai soal berpikir kreatif (2) guru hanya berorientasi pada pencapaian materi (3) kurangnya minat guru dalam pembuatan soal berpikir kreatif dan mengetahui lebih lanjut mengenai soal berpikir kreatif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui karakteristik soal berpikir kreatif (2) untuk mengembangkan soal berbasis berpikir kreatif yang layak digunakan di SMA Negeri 3 Palembang dengan menghasilkan produk berupa manual test. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 sampai dengan 10 Oktober 2018. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan McIntire dan Miller. Metodologi penelitian (1) defining the test universe, audience and puprose; (2) developing a test plan; (3) compose the test items; (4) write the administration instruction; (5) conduct piloting test; (6) conduct item analysis; (7) revise the test; (8) validation the test; (9) developing a norms; (10) complete test manual. Indikator berpikir kreatif yang digunakan meliputi kelancaran, kelenturan, keaslian dan kerincian dalam bentuk soal uraian sebanyak 15 soal. Teknik analisis data menggunakan permodelan Rasch. Hasil penelitian yang diperoleh (1) nilai reliabilitas uji coba terbatas terkategori cukup baik dengan nilai 0.79 (person reliability) dan 0.68 (item reliability) dengan nilai Alpha Cronbach 0.98 terkategori bagus (2) uji coba skala besar untuk nilai person reliability terkategori cukup baik (0.67) dan item reliability terkategori bagus sekali (0.93). Hasil uji coba yang dilakukan dua kali mengeliminasi soal sebanyak 4 buah item soal (3) secara keseluruhan instrumen riset penelitian ini menunjukkan telah bersifat unidimensional dan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kreatif Pengembangan Rasch uraian |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 04:56 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 04:56 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5927 |
Actions (login required)
View Item |