TUNNISAK, FAIZA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AHLIYAH 4 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I .pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas pengaruh model Interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ahliyah 4 Palembang. Penelitian ini juga untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas sebelum dan sesudah. kelas yang sebelum tidak diterapkan model Interaktif dan kelas yang sesudah diterapkan model Interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas sesudah diterapkan model Interaktif. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis yang peneliti gunakan desain one group pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah satu kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling (sengaja), dengan jumlah siswa 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata nilai pre-test dan post-test siswa yang menggunakan model Interaktif lebih tinggi dari rata-rata nilai pre-test dan post-test yang tidak menggunakan model. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil perolehan nilai rata-rata (mean) yakni 80, dengan skor tinggi sebanyak 5 orang siswa (41%), sedangkan skor sedang sebanyak 4 orang siswa (33%), dan skor rendah sebanyak 3 orang (25%). Sedangkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model Interaktif tergolong rendah, bisa dilihat peroleh dari nilai rata-rata (mean) yakni 8,33, dengan skor tinggi sebanyak 1 orang siswa (8,33%), sedangkan skor sedang sebanyak 3 orang siswa (25%), dan skor rendah sebanyak 8 orang siswa (66,%). Setelah melihat hasil diatas dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan dengan menggunakan model pembelajaran Interaktif dengan adanya perubahan tersebut berarti ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho yang diajukan ditolak, dan Ha diterima. ini berarti ada pengarh model Interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di MI Ahliyah 4 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran interaktif hasil belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 04:58 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 04:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5937 |
Actions (login required)
View Item |