PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI I KOTANEGARA

YANTI, FITRI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI I KOTANEGARA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh penerapan metode drill terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di SD Negeri I Kotanegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa yang menggunakan metode drill, kemudian untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa yang tidak menggunakan metode drill, dan untuk mengetahui apakah pengaruh penerapan metode drill terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di SD Negeri I Kotanegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimental design dengan desain penelitian post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri I Kotanegara yang berjumlah 245 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan IV B yang berjumlah sebanyak 47. Teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus uji ‘t’. Hasil penelitian menyatakan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas IV A yang menggunakan metode drill berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 82 dan keterampilan berbicara siswa kelas IV B yang tidak menggunakan metode drill berada pada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 72. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh penerapan metode drill terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di SD Negeri I Kotanegara. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan hasil uji hipotesis yang membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (thitung = 3,90) dan besarnya t yang tercantum pada tabel (tt.ts 5% = 1,99 dan tt.ts 1%= 2,63). Maka dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode drill terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di SD Negeri I Kotanegara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode drill keterampilan berbicara
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Jan 2020 08:31
Last Modified: 21 Jan 2020 08:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5941

Actions (login required)

View Item View Item