PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII

YATINI, YATINI (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Pendekatan Open Ended Berbasis Etnomatematika yang valid, praktis, serta memiliki efek potensial terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Prosedur pengembangan yang digunakan yaitu prosedur pengembangan Borg and Gall yang terdiri research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision. subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Palembang yang berjumlah 33 orang. Untuk menghasilkan LKPD yang valid dapat dilakukan dengan cara: pada langkah pengembangan produk awal LKPD disusun terlebih dahulu oleh peneliti barulah LKPD divalidasi pakar. Berdasarkan hasil validasi dari 3 validator diperoleh rata-rata skor hasil penilaian sebesar 81 yang tergolong sangat valid. Kemudian untuk menghasilkan LKPD yang praktis dilakukan ujicoba LKPD dan meminta penilaian angket oleh peserta didik. Untuk uji coba kelompok kecil pada tahap preliminary field testing didapatkan skor rata-rata 81 dengan kategori sangat praktis dan pada tahap main field testing didapat hasil angket penilaian peserta didik dengan skor rata-rata sebesar 83 yang tergolong sangat praktis. Berdasarkan hasil tes peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 83 yang berarti bahwa memiliki efek potensial terhadap kemampuan berpikir kreatif. Sehingga Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika dengan pendekatan open ended berbasis etnomatematika ini dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII tingkat SMP/MTS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pendekatan Open Ended Etnomatematika.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Jan 2020 08:38
Last Modified: 21 Jan 2020 08:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5957

Actions (login required)

View Item View Item